Ubra Desak Pemkab Malra Gunakan Anggaran BTT Untuk Upaya Preventif Penyebaran Virus Corona
Senin, 23 Maret 2020
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Ubra Desak Pemkab Malra Gunakan Anggaran BTT Untuk Upaya Preventif Penyebaran Virus Corona

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Malra Septian Brian Ubra, S.Sos mendesak, Pemerintah Kabupaten Malra, agar dapat menggunakan anggaran belanja tak terduga dalam APBB 2020 sebesar Rp.2,7 miliar, untuk upaya preventif penyebaran Virus Corona di Kabupaten Malra.

Penggunaan anggaran tak terduga ini, guna membeli alat-alat kesehatan seperti Alat Perlindungan Dasar (APD) bagi tenaga kesehatan pada RSUD Karel Saidsuitubun Langgur, Rumah Sakit Hati Kudus Langgur serta Puskesmas masing-masing Kecamatan, penyiapan ruangan isolasi. Bahkan Satgas harus memikirkan satu bangunan untuk digunakan sebagai tempat karantina sementara bagi yang baru tiba dari luar daerah yg sudah terjangkit selama 14 hari, untuk penyediaan makan minum.

Selain itu Pemkab Malra, dapat memasang Westafel di sejumlah ruas jalan atau pusat keramaian serta penyemprotan Disinfektan di tempat - tempat umum/pusat keramaian serta seluruh perkantoran.

Bila anggaran untuk belanja tak terduga ini tidak cukup maka, sebaiknya Lanjut Ubra, DPRD Malra bersama Pemerintah harus melakukan pembahasan persetujuan mendahului APBD Perubahan, sebagaimana diatur dalam Permendagri No. 13 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah untuk mendukung Pemda dan upaya pencegahan.

Ubra mendukung upaya pencegahan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten, melalui Surat Edaran Bupati Malra, Sosialisasi serta upaya yang dilakukan melalui Satgas yang dibentuk Bupati Malra. Bahkan terakhir Maklumat Kapolri yang baru dikeluarkan.

Olehnya Ubra meminta, Tim Satgas Malra dapat bekerjasama dengan Tim Satgas Kota Tual, tidak sebatas koordinasi, tetapi langkah sinergis secara bersama-sama untuk mengatasi hal ini.

“Ini demi kita semua masyarakat Malra dan Kota Tual. Jangan kita memandang remeh Virus ini sebab banyak Daerah telah menjadi pengalaman,” ungkap Ubra

Ubra juga menghimbau, semua masyarakat agar mendoakan kedua daerah ini agar terhindar dari Virus yang mematikan ini. (PM.06)

 

Komentar

Belum Ada Komentar