Widya Ismail Peduli Kain Tenun
Kamis, 15 Agustus 2019
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Widya Ismail Peduli Kain Tenun

Ambon, Pelita Maluku.Com – Guna menunjang hasil kerajinan lokal dan mempromosikan dunia pariwisata maluku, agar bisa dikenal secara nasional maupun internasional, Istri Gubernur Maluku Widya Ismail menggelar workshop bagi pelajar maupun mahasiswa di Kota Ambon.

Workshop yang digelar ini mendatangkan desainer nasional, guna memberi pelatihan kepada siswa SMK jurusan Tata Busana dan sederajat serta mahasiswa, agar turut dalam proses desainer kain tenun. 

Kepada pers Istri orang nomor satu yang memiliki pengalaman di dunia model ini mengungkapkan, kain tenun yang dimiliki Maluku saat ini perlu dikembangkan oleh para generasi muda di provinsi ini dan itu hendaknya dimulai dari proses pembinaan, sehingga keseriusan dan minat dalam mengembangkan kain tenun dapat ditingkatkan. 

Dikatakan, dari proses pelatihan yang diberikan, ada lima sampai enam peserta yang dinilai memiliki kebolehan dan itu lanjut Widya Ismail, akan diperhatikan dan terus berikan pembinaan hingga mereka bisa menjadi desainer tenun dari Maluku. 

“ sekarang memang sudah ada namun masih belum terlihat motif yang lebih menggiurkan dan lagi untuk sekarang ini masih belum banyak generasi muda tertarik hingga saya berusaha agar tidak hanya orang - orang tua saja seperti sekarang ini,” Turut Widya Ismail

Untuk itu kegiatn workshop yang digelar ini ungkap Widya Ismail, tidak hanya berlangsung di Kota Ambon saja, namun akan ditularkan ke seluruh Kabupaten/Kota di Maluku, agar kain tenun semakin membahana dengan berbagai motif yang ditampilkan, yang pada akhirnya budaya maluku semakin digemari.  

Sementara itu PLH Kepala Dinas Pariwisata Iwan Asikin mengatakan, kegiatan yang dibuat melibatkan siswa SMK serta juga kalangan muda Maluku. 

kegiatan ini  merupakan ide yang sangat baik serta gemilang dari ibu Gubernur dan beliau yang mendatangkan desainer nasional dan sebagai Dinas Pariwisata, kami sangat dukung untuk membuat budaya Maluku dibidang kain tenun dapat semakin jaya kedepan,” Ujar Asikin (PM.13)

Komentar

Belum Ada Komentar