1 Pasien Dalam Pengawasan Meninggal di Rumah Sakit dr.J Latumeten Ambon
Selasa, 23 Juni 2020
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

1 Pasien Dalam Pengawasan Meninggal di Rumah Sakit dr.J Latumeten Ambon

Ambon, Pelita Maluku.com – 1 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berinisial “YL”, sekitar pukul 03.30 Wit, meninggal dunia di Rumah Sakit Tk II dr.J.A Latumeten. Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

“YL” meninggal dunia, akibat positif terinveksi Virus Covid-19, berdasarkan hasil swaab cepat yang dilakukan tim medis, di ruang jenasah RSUD Haulussy, Kudamati Ambon.

Awalnya, “YL” pada 22 Juni kemarin diantar keluarga ke Rumah Sakit Tk II dr. Latumeten, untuk mendapatkan perawatan medis, akibat keluhan pinggang sakit, asam lambung, gula darah dan ginjal.  

Melihat kondisi kesehatan “YL” yang semakin kriti, akhirnya Tim Kesehatan RST langsung membawa ke ruangan ICU untuk mendapat perawatan. 

Setelah “YL” dilakukan rapid test oleh Tim Kesehatan, hasilnya reaktif, sehingga dilakukan penanganan sesuai protokol pasien Covid-19. 

img-1592916586.jpg

Namun apa boleh dikata, pada Selasa, (23/06/2020), sekitar pukul 03.30 Wit, “YL” dinyatakan meninggal dunia oleh pihak Rumah Sakit dr. Latumeneten. 

Selanjutnya pada pukul 06.40 Wit Jenasah “YL” langsung diantar ke RSUD Haulussy, untuk di lakukan test swaab cepat di ruangan jenasah RSUD.

Guna memastikan pihak keluarga “YL”, tim kesehatan RSUD dr. Haulussy menyerahkan hasil swaab kepada keluarga dengan hasil positif, sehingga pihak keluarga bersedia agar jenasah “YL” dikremasi dan selanjutnya dilakukan pemakaman secara standar operasi prosedur (SOP) oleh Protokoler Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Virus Covid - 19 Provinsi Maluku.

Akhirnya pada pukul 20.30 Wit, jenasah “YL” diantara menggunakan mobil Ambulance milik RST.dr Latumeten Ambon menuju tempat pemakaman khusus (TPK) Covid-19 di Desa Hunuth, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, untuk dimakamkan. 

Menurut keterangan istri Almarhum, bahwa sebenarnya Almarhum memiliki penyakit bawaan yang di derita sudah lama, namun pihak keluarga tidak ingin Almarhum mendapat perawatan Rumah Sakit, karena akan merunjuk pada Covid-19, sehingga keluarga mengambil insiatif untuk melakukan perawatan dikediaman, namun kondisi kesehatan Almarhum yang semakin kriti,s sehingga keluarga menggantar Almarhum ke RST dr. Latumeten Ambon.

Diakui Istri Almarhum, saat jenasah Almarhum diantar ke RSUD dr.Haulussy Kudamati Ambon, sempat di tolak pihak keluarga, untuk dilakukan pemakaman secara standar operasi prosedur (SOP) Covid – 19, lantaran belum ada hasil swaab, sehingga jenazah Almarhum disemayamkan diruang mayat sambil lakukan pemeriksaan Swab.

Sementara itu Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid- 19 Provinsi Maluku Kasrul Selang yang dikonfirmasi wartawan terkait meninggalnya salah satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Rumah Sakit dr.Latumeten, membenarkan, bahwa telah meninggal dunia salah satu Pasien Dalam Pengawasan di Rumah Sakit dr.Latumeten.

Korban meninggal dunia, dicurigai Covid-19, sehingga telah dilakukan hasil swab cepat oleh tim medis RSUD Haulussy Ambon. Dan dalam waktu singkat lanjut Selang sudah dapat diketahui hasilnya (PM.13)


Komentar

Belum Ada Komentar