14.920 Vaksin Sinovac  Tahap II Tiba Bandara Internasional Pattimura
Minggu, 24 Januari 2021
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

14.920 Vaksin Sinovac Tahap II Tiba Bandara Internasional Pattimura

Ambon, Pelita Maluku.com - Sebanyak 14.920 dosis Vaksin Sinovac tiba di Bandara Internasional Pattimura Ambon, Sabtu pagi (23/1/2021).

Pasokan gelombang kedua vaksin tersebut diberangkatkan dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia, selanjutnya dibawa ke Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Maluku dengan pengawalan ketat aparat kepolisian.

Pengawalan melibatkan puluhan personil Brimob Polda Maluku, Polisi umum dan Polisi Lalu Lintas Polda Maluku dipimpin langsung Kabag Pengendali Operasi (Dalops) Biro Operasi Polda Maluku, AKBP Legawa Utama.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, dr Meikyal Pontoh  menjelaskan, vaksin  tersebut masih diprioritaskan bagi tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

"Nanti kalau semua tenaga kesehatan sudah divaksin, dan ada sisa, baru diberikan kepada prioritas kedua, yakni pelayanan publik," kata Pontoh.

Sementara itu, Juru bicara Satgas Covid 19, Dony Rerung mengatakan, vaksin gelombang II tersebut sesuai rencana akan didistribusi ke kabupaten/kota mulai Senin depan. 

"Untuk jalur penerbangan ke sana, sedang kami cek jadwal keberangkatan pesawat," jelas Rerung.

Sementara itu, berkaitan dengan pelaksanaan rapid antigen, Rerung mengatakan, sampai dengan hari hari ini (hari ketiga) sebanyak 1.047 Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Provinsi Maluku telah menjalani Rapid Antigen yang dilaksanakan pada tiga lokasi, yakni halaman parkiran Kantor Gubernur Maluku, Dinas Kesehatan Provinsi Maluku di Karang Panjang Ambon dan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi di Waihaong.

"Dari ribuan ASN yang sudah menjalani Rapid Antigen hingga hari ini,

tercatat sebanyak 10 orang dinyatakan positif," ungkap Rerung.

Mereka yang positif sebut Rerung, selanjutnya dilakukan swaab PCR.

"Kepada mereka yang dinyatakan positif sudah dilakukan pemeriksaan swaab.

Kemudian yang bersangkutan isolasi mandiri sambil menunggu hasil swaab,"jelas Rerung. 

Ia pun merincikan, 1.047 orang yang ikut rapid antigen, tersebar 

di Kantor Gubernur, sebanyak 396 orang  Dinas Kesehatan Provinsi Maluku 352 orang dan Ketahanan Pangan 299 orang.

"Di Kantor Gubernur positif 3 orang, Dinas Kesehatan 5 orang dan Ketahanan Pangan 2 orang yang positif," tandas Dony.

Sebagaimana diketahui, kebijakan rapid antigen bagi ASN

termasuk setiap tamu yang berkunjung di Kantor Gubernur untuk menekan laju penyebaran virus Corona, menyusul perkiraan pakar epidemiology yang memperkirakan  puncak positif Covid akan terjadi pada bulan Februari mendatang termasuk di Maluku.(PM.007).

Komentar

Belum Ada Komentar