Gelar Pengawasan di Bulan Ramadhan, Hermanto : Takjil di Kota Ambon Tak Mengandung Zat Berbahaya
Sabtu, 25 Maret 2023
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Gelar Pengawasan di Bulan Ramadhan, Hermanto : Takjil di Kota Ambon Tak Mengandung Zat Berbahaya

Ambon, Pelita Maluku.com -  Balai Pengawasan Obat dan Makanan Provinsi Maluku, bersama Dinas Kesehatan Kota Ambon dan sejumlah pihak terkait lainnya, melakukan pengawasan makanan Takjil di Bulan Ramadahan pada Jumat (24/03/2023)

Pengawasan makanan Takjil yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai POM Provinsi Maluku Hermanto dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Wendy Pelupessy, berlangsung di kawasan Waehaong dan Depan Masjid Raya Alfatah Ambon.

Dalam proses pengawasan ini Balai POM mengambil sejumlah makanan secara acak, untuk nantinya di uji, meskipun tidak semua jenis makanan.

Selain melakukan pengawasan Balai POM bersama Dinas kesehatan juga memberikan pembinaan kepada para pedagang yang belum memenuhi kriteria kelayakan.

Kepada wartawan usai pengawasan tersebut, Kepala Balai POM Provinsi Maluku Hermanto dalam kesempatan itu mengatakan, dari hasil pantauan sementara, takjil yang di jual saat ini tidak mengandung zat berbahaya. Namun terhadap bahaya Mikro Biologi belum dapat dipastikan. Meski begitu Lanjut Hermanto masih berpotensi terhadap mikroba karena tidak memiliki penutup makanan dan sanitasi.

Hal yang sama juga di akui Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Wendy Pelupessy, bahwa dari hasil pengawasan yang dilakukan, hampir sebagian besar makanan berportensi mengandung mikcroba karena tidak memiliki penutup. meski begitu akuinya Tahun lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya 

Olehnya pada kesempatan ini Pelupessy menghimbau, masyarakat Kota Ambon dan sekitarnya untuk tetap menjadi pembeli yang bijak dalam memilih makanan untuk di konsumsi. (PM.JN)

Komentar

Belum Ada Komentar