Gubernur Buka Resmi Rapat Gabungan Forkopimda se-Maluku
Selasa, 03 November 2020
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Gubernur Buka Resmi Rapat Gabungan Forkopimda se-Maluku

Ambon, Pelita Maluku.com - Gubernur Maluku Murad Ismail, Selasa (3/10/2020), membuka dengan resmi Rapat Gabungan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Maluku  Kabupaten/Kota dalam rangka membahas persiapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak pada 9 Desember 2020 mendatang.

Pembukaan Rakor Forkopimda bersama bupati/walikota se-Maluku bersama penyelenggara pilkada di  pusatkan di Lantai VII Kantor Gubernur Maluku. 

Pembukaan ditandai pemukulan tifa oleh Gubernur Maluku, didampingi unsur Forkopimda Maluku diantaranya, Kajati Maluku Rorogo Zega, Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan Leonard de Fretes, Kasdam XVI/Pattimura Gabriel Lema dan Danlantamal IX Ambon Laksamana Pertama Eko Jokowiyono dan Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury.

img-1604415331.jpg

Gubernur pada kesempatan itu,  mengapresiasi kesediaan para peserta yang menghadiri Rapat bersama Forkompinda ini.

Mantan Dankor Brimob Polri ini berharap, melalui forum ini dapat terjalin sinkronisasi dan koordinasi. 

" Jadi bukan hanya untuk saling memahami, tetapi yang terpenting adalah semuanya dapat diimplementasi demi kesejahteraan masyarakat. Oleh sebab itu, kita lebih giat lagi meningkatkan kinerja kita, serta terus lakukan pemantauan di masyarakat," imbau Gubernur.

Sehubungan dengan hal tersebut, Pemerintah Provinsi Maluku memandang perlu melaksanakan rapat dalam rangka menyamakan persepsi dan sikap segenap jajaran terkait, guna memaksimalkan semua potensi secara optimal, cermat dan efisien untuk menyukseskan semua agenda nasional maupun daerah. 

"Untuk kelancaran pelaksanaan tugas, wewenang dan kewajiban bagi daerah yang melaksanakan pemilihan kepala daerah, maka saudara Bupati dan Penjabat Bupati, wajib memberikan bantuan dan fasilitas yang terukur terhadap suksesnya penyelenggaraan pilkada sebagaimana termaktub dalam peraturan perundang-undangan," kata Gubernur mengingatkan.

Gubernur juga berharap, TNI/Polri membantu mewujudkan sinergitas terhadap berbagai kerawanan di seluruh wilayah Maluku, terutama di empat kabupaten  penyelenggara pemilihan kepala dan wakil daerah.

"Saya ingatkan bahwa masalah menonjol yang perlu segera diantisipasi dan mendapat perhatian kita bersama, salah satunya faktor politik dan hukum yang bisa saja timbul. Misalnya mengenai data daftar pemilih tetap, laporan masyarakat dan dorongan pihak yang tidak puas dengan hasil proses pilkada," harapnya.   

Sementara itu, Ketua KPU Maluku Syamsul Rifan Kubangun mengatakan,  koordinasi, komunikasi dan kolaborasi antara Pemda, TNI-Pollri dan pihaknya terus dilakukan. 

 "Sampai hari ini tidak ada masalah. Teman-teman penyelenggara dalam satu komando tertib. Dalam artian segala peraturan perundangan-undangan yang berlaku, baik PKPU, pedoman teknis dan seluruh surat edaran, ditaati dan dipatuhi,," katanya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Bawaslu Maluku Abdullah Ely. Dirinya mengaku, pihaknya terus berkoordinasi dengan Gakumdu, khususnya Gakumdu Provinsi yang akan mengantisipasi dugaan pelanggaran yang akan terjadi di daerah perbatasan seperti Kabupaten Buru dan Buru Selatan, SBT dan Malteng dan kawasan perbatasan lainnya. 

Untuk netralitas penyelenggara pemilu, lanjut Ely, pihaknya telah berupaya maksimal bila netralitas telah menjadi hal penting bagi Bawaslu. 

Pada kesempatan itu, Wakapolda Maluku Brigjen Pol. Jan Leonard de Fretes, yang hadir mewakili Kapolda Maluku Irjen Pol. Baharuddin Djafar, mengaku, telah mengingatkan beberapa kali perihal netralitas kepada anggota polisi di empat Kabupaten pelaksana pemilu. 

"Informasi yang didapat perihal pemilu akan ditindaklanjuti untuk mengingatkan anggotanya," kata Wakapolda.

Sementara itu, Kasdam XVI/Pattimura Gabriel Lema juga mengatakan, netralitas menjadi kunci utama.(PM.007)


Komentar

Belum Ada Komentar