Gubernur Minta Generasi Muda Contohi Perjuangan Pattimura
Minggu, 15 Mei 2022
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Gubernur Minta Generasi Muda Contohi Perjuangan Pattimura

Ambon, Pelita Maluku.com - Gubernur Maluku, Drs. Murad Ismail meminta, generasi muda provinsi Maluku dapat menginspirasi perjuangan yang dilakukan Kapitan Pattimura, dengan ide dan gagasan serta terobosan yang dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan di daerah ini. Permintaan ini disampaikan Gubernur, pada peringatan hari Pahlawan asal Maluku, Kapitan Pattimura ke-205 Tahun 2022 di Pattimura Park, Minggu (15/5/2022).

Peringatan hari Kapitan Pattimura dengan mengusung tema “Pattimura Muda Kreatif, Inspiratif, dan Inovatif Untuk Maluku Maju “ dihadiri Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Nataniel Orno, Pjs Sekretaris Daerah, Sadali Ie, Tokoh Agama, mewakili Pangdam XVI Pattimura, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov dan undangan lainya.

Jelas Murad Ismail, Pattimura muda kreatif dimaknai sebagai generasi muda yang memiliki daya cipta, ide dan gagasan yang dapat bermanfaat serta berguna bagi orang lain dan masyarakat di tengah era digital saat ini.

”Momentum hari Pattimura, dapat melahirkan para kreator yang terus aktif dan dinamis dalam menciptakan karya menarik dari hal-hal yang sederhana,”harap Gubernur dalam sambutanya.

Sementara Pattimura muda inspiratif, adalah orang yang dapat menjadi contoh dan teladan yang memiliki daya juang dan daya gugah serta menjadi role model bagi lingkungan di masyarakat.

Untuk itu kata Gubernur, setiap generasi muda dituntut untuk berinovasi dalam mengembangkan jati dirinya, sebab semua negara didunia menekankan betapa pentingnya berinovasi

Diungkapkan Gubernur, di era transformasi digital inovasi bukan lagi sebuah slogan, melainkan wujud dalam kerja dan kinerja masing-masing, sehingga Pemerintah akan terus mendorong dan memfasilitasi lahirnya inovasi-inovasi yang dapat mempercepat kesejahteraan masyarakat di Maluku.

Apalagi lanjut Gubernur, Kapitan Pattimura, sebelum wafat meninggalkan semangat patriotik, yaitu. “Nunu OLI, Nunu Seli, Nunu Karipatu, Patue KARI Nunu.” Yang artinya saya katakan kepada kamu sekalian bahwa saya adalah beringin besar dan setiap beringin besar akan tumbang, tapi beringin lain akan menggantinya. 

"Demikian pula saya katakan kepada kamu sekalian bahwa saya adalah batu besar dan setiap batu besar akan terguling tapi batu lain akan menggantinya, “terang Gubernur menirukan pesan Pattimura kala itu.

Gubernur mengigatkan, makna yang terkandung dalam pesan Pattimura adalah berjuang dan berkorban untuk kepentingan dan keselamatan masyarakat. (PM.007)

Komentar

Belum Ada Komentar