Gubernur : Musrenbang RKPD 2022 Harus Pertimbangkan Pemulihan Ekonomi Sosial, Kesehatan dan SDM
Sabtu, 24 April 2021
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Gubernur : Musrenbang RKPD 2022 Harus Pertimbangkan Pemulihan Ekonomi Sosial, Kesehatan dan SDM

Ambon, Pelita Maluku.com  - Gubernur, Murad Ismail mengingatkan agar dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) 2022, harus menfokuskan pada beberapa hal penting yakni upaya pemulihan kesehatan sosial ekonomi serta peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). 

"Perencanaan Tahun 2022 juga mempertimbangkan kondisi pandemi covid-19 sehingga tema dan substansi rencana kerja pemerintah daerah Tahun 2022 adalah percepatan pemulihan ekonomi dan kesehatan serta peningkatan kualitas SDM,"ujar Gubernur dalam sambutannya dibacakan Sekretaris Daerah Maluku, Kasrul Selang pada pembukaan Musrenbang RKPD 2022, yang berlangsung di swissbhel hotel, kamis (22/04/2022).

Dikatakan, pandemi Covid - 19 sangat berdampak secara luas terhadap pertumbuhan ekonomi Maluku, yang tumbuh negatif 0,9%, namun masih lebih tinggi dari nasional yang mencapai negatif 2,0 7%. 

Kondisi ini, menurutnya turut berdampak pada beberapa indikator pembangunan yakni peningkatan kemiskinan dan pengangguran. Meskipun demikian, inflasi cukup terkendali dan indeks pembangunan manusia mengalami peningkatan.

Untuk itu, dirinya mengajak Bupati/Walikota untuk bersinergi dengan provinsi dalam penanganan covid-19. 

Begitu juga cakupan vaksinasi Covid-19 bagi kelompok penerima terutama lansia dapat ditingkatkan, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Dalam kesempatan itu, Mantan Dankor Brimob Polri itu juga mengingatkan agar dalam perencanaan 2022 harus tetap konsisten mengacu pada rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2019-2024 serta hasil kesepakatan pada forum OPD tingkat provinsi dan musrenbang Kabupaten/Kota. (Onsal)


Komentar

Belum Ada Komentar