Himbauan Pengungsi Kembali Tak Bisa Dipaksakan
Senin, 21 Oktober 2019
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Himbauan Pengungsi Kembali Tak Bisa Dipaksakan

Ambon, Pelita Maluku.com - Himbauan agar masyarakat yang mengungsi bisa kembali ke tempat tinggal mereka masing -masing tidak bisa dipaksakan.

Pasalnya, warga yang trouma dan takut akibat gempa yang terjadi enggan kembali ketempat tinggal mereka, apalagi kondisi rumah yang ditempati sudah tidak bisa memberikan rasa aman atau menjamin keselamatan mereka.

“ Himbauan agar masyarakat harus kembali ke tempat tinggal mereka bisa saja dilakukan, tapi masyarakat kembali bertanya ketika katong kembali dan terjadi gempa siapa yang mau bertanggungjawab,” Demikian disampaikan Plh. Sekretaris Daerah Maluku Kasrul Selang kepada wartawan di lantai II Kantor Gubernur Senin (21/10/2019).

Menurut Selang, saat ini yang hendak dilakukan masyarakat adalah bersahabat dengan alam yang kita diami, misalnya bila kita berdiam di daerah yang rawan akan gempa, maka rumah yang di bangun modelnya juga seperti apa, lantas bila terjadi gempa apa yang hendak di lakukan sebagai tindakan penyelamatan.  

Seperti yang dilakukan Gereja Protestan Maluku dalam sidang MPL di Haruku Kabupaten Maluku Tengah, dimana salah satu program, adalah membuat titik-titik kumpul ketika terjadi gempa dan mencari alat komunikasi alternatif serta daerah yang dijadikan sebagai titik kumpul, bisa ditanam tanaman yang bisa dimakan.

“ Misalnya saat kejadian, terjadi gangguan pada alat komunikasi dan handphone gangguan, perlu ada alat komunikasi alternatif, dan kedua pada titik kumpul itu perlu di tanam tanaman yang bisa dimakan, karena kalau terjadi gempa dan komunikasi terputus paling tidak kita masih bisa makan,” ungkapnya

Olehnya Selang  meminta, masyarakat yang hingga kini belum merasa aman untuk kembali ke tempat tinggal mereka, untuk selalu menjaga kesehatan,khususnya bagi kaum perempuan dan anak-anak, mengingat di lokasi pengungsian jauh berbeda dengan kita berada di rumah sendiri, khususnya masalah sanitasi dan air bersih.

“ kalau ada himbau agar pengungsi kembali ke tempat aaal mereka juga tidak bisa dipaksakan, karena pertimbangan beberapa hal, hanya saja terutama sarana-sarana pemukiman berupa sanitasi dan air bersih yang sangat menyulitkan masyrakat,” ujar Selang  (PM.007)

Komentar

Belum Ada Komentar