Ibrahim Berikan Apresiasi Bagi Pemkot Ambon, Terkait Pelaksanaan workshop Pengelolaan Anggaran Pemulihan Pandemi
Jum'at, 11 Juni 2021
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Ibrahim Berikan Apresiasi Bagi Pemkot Ambon, Terkait Pelaksanaan workshop Pengelolaan Anggaran Pemulihan Pandemi

Ambon, Pelita Maluku.com - Ketua Apeksi Komwil VI Walikota Tidore Kepulauan Capt. Ali. Ibrahim memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Ambon yang dengan sungguh-sungguh menunjukkan kepedulian terhadap kiprah Apeksi melalui penyelenggaraan workshop pengelolaan anggaran pemulihan pandemi. 

"Meskipun dalam kondisi pandemi namun program kerja organisasi harus tetap berjalan dengan berbagai modifikasi model pelaksanaan. Ini menunjukkan keseriusan kita semua bagaimana upaya kita menghadapi pandemi covid-19 termasuk pada sektor ekonomi.

Menurut Ibrahim, pandemi covid-19 bukan hanya berdampak pada kesehatan manusia saja, tetapi telah berdampak pula terhadap terpuruknya sistem keuangan negara yang ditunjukkan dengan penurunan berbagai aktivitas ekonomi domestik. 

Oleh karena itu Pemerintah telah mengambil strategi kebijakan dan langkah-langkah dalam rangka penyelamatan perekonomian nasional dan stabilitas sistem keuangan melalui berbagai kebijakan relaksasi yang berkaitan dengan pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja negara atau APBN khususnya dengan melakukan peningkatan belanja untuk kesehatan dan pemulihan perekonomian.

Dengan melambatnya pertumbuhan ekonomi nasional, lanjut Ibrahim, penurunan penerimaan negara, peningkatan belanja negara dan pembiayaan, pemerintah berusaha melakukan penyelamatan kesehatan dan perekonomian nasional. 

Untuk menghadapi permasalahan tersebut Kata Ibrahim, Pemerintah harus memiliki strategi dalam pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi. 

Strategi ini kemudian diwujudkan sebagai program pemulihan ekonomi nasional atau pen yang ditujukan untuk membantu meningkatkan daya beli masyarakat serta memulihkan perekonomian Indonesia secara keseluruhan. Dimulai dari rumah tangga masyarakat yang paling rentan, lalu ke sektor usaha. Pelan-pelan roda perekonomian mulai berputar. Dengan adanya program pen diharapkan adanya pertumbuhan ekonomi meningkat.

"Olehnya itu Workshop ini menjadi penting artinya karena di tengah kondisi yang ada, pemerintah kota dituntut untuk tetap bisa memberikan pelayanan terbaik titik apalagi dengan refocusing anggaran yang pernah dilakukan pada tahun sebelumnya membuat sendi-sendi ekonomi menjadi lemah titik oleh karena itu pada kesempatan baik ini, kami menghadirkan bapak Deputi bidang koordinasi pengembangan wilayah dan tata ruang Kementerian perekonomian selaku Keynote speaker yang akan menyampaikan banyak hal tentang PEN 2021 terkait penanggulangan pandemi dan bangkitnya ekonomi masyarakat. Demikian juga bapak Deputi bidang usaha mikro Kementerian koperasi dan UKM juga akan mengulas tuntas program BPUM : pemulihan ekonomi nasional bagi usaha mikro sebuah program yang sudah kita saksikan berperan penting dalam survival masyarakat di era pandemi ini. 

Pada bagian akhir dari pemaparan narasumber akan hadir Pulau Walikota Kediri yang akan berbagi pengalaman bagaimana ukmk go digital yang digagas oleh Pemkot Kediri dalam memfasilitasi UMKM yang ada di Kediri agar piawai dalam melakukan penjualan online. Pelengkap workshop ini, kehadiran fasilitator dari LPPM IPB akan membantu memperkuat rekomendasi yang dihasilkan dari kegiatan ini.

Disadari Ibrahim, bahwa dalam penyelenggaraan kegiatan saat ini masih belum bisa berlangsung sebagaimana biasanya. Namun kita harus mengingat bahwa saat ini pelaksanaan kegiatan harus merujuk kepada tatanan kehidupan baru di mana protokol kesehatan menjadi satu pilar yang harus tetap menjadi perhatian.

"Terhadap kekurangan dan kelemahan yang ada pada kesempatan yang sangat berharga ini, dalam kedudukan saya selaku ketua apeksi komwil 6 yang baru perkenankan saya menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh anggota terhadap hal tersebut. Tak lupa pada kesempatan yang berbahagia ini kami menyampaikan ucapan terima kasih. Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Ketua Dewan Pengurus Apeksi beserta seluruh jajaran yang berkenan hadir pada kesempatan ini, keynote speaker bapak menteri koordinator bidang perekonomian republik Indonesia, bapak Deputi bidang pembiayaan kemenkop dan UKM dan bapak Walikota Kediri yang sudah berkenan menjadi narasumber pada kegiatan ini titik dalam kesempatan ini," ujar Ibrahim (Onsal)


 

Komentar

Belum Ada Komentar