TERPOPULER

Kapolda Maluku : Penerapan New Normal Sudah Mutlak Berjalan

Kapolda Maluku : Penerapan New Normal Sudah Mutlak Berjalan

Ambon, Pelita Maluku.com – Dalam rangka penanganan Covid-19 di Provinsi Maluku. Pemerintah Provinsi Maluku berencana dalam waktu yang tidak lama akan memberlakukan New Normal.

Tujuan Pemberlakuan New Normal, agar masyarakat dapat melaksanakan aktivitas, Namun harus tetap mematuhi peraturan dan himbauan dari Pemerintah serta Protokol Kesehatan Covid -19.

Kepada wartawan dalam keterangan pers di Kantor Gubernur Maluku, Kamis (28/05/2020), Ketua Harian Covid -19 Provinsi Maluku Kasrul Selang mengatakan, dalam memantapkan program tersebut, Gustu Covid-19 Maluku telah melakukan pertemuan bersama jajaran TNI, Polri serta tokoh-tokoh agama, guna membahas situasi terakhir penanganan Covid 19 di Provinsi Maluku. 

Sementara itu Kapolda Maluku Baharudin Djafar selaku Wakil Ketua Gustu Covid-19 Maluku menjelaskan, Tim Gugus Tugas Maluku telah mendiskusikan rencana pemberlakuan New Normal di Provinsi Maluku. dan dalam diskusi tersebut, banyak masukan yang diperoleh, namun yang terpenting Lanjut Kapolda Maluku, harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat secara menyeluruh. Dan sebelum penerapan New Normal, hendaknya disosialisasikan terlebih dahulu,"Jelas Bahar

Menurutnya, rencana penerapan New Normal sudah mutlak berjalan, meskipun terdapat beberapa daerah di Provinsi Maluku berada dalam zona hijau maupun Zona merah.

"Pemberlakuan New Normal ini waktunya akan ditentukan oleh gugus tugas Provinsi Maluku dan kami siap mendukung kebijakan tersebut, kemungkinan rencananya Minggu depan kita akan melakukan uji coba New Normal tersebut,"Ungkap Bahar.

Sementara itu, Ketua Sinode GPM Maluku, Pdt. Dr. Ates. Werinussa mengatakan, dalam membantu pemerintah dalam penerapan New Normal ini, pihak gereja dan masjid tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Olehnya pada kesempatan itu Dirinya menghimbau, pimpinan umat beragama, mendukung Pemda dengan ketentuan protokol kesehatan, kendati menuju new normal, kita harus tetap menjaga itu karena ini terkait keselamatan dan dimensi kesehatan.

“Jadi kita sepakat dan mendukung pemda dan kita akan terjemahkan di masing-masing agama,"Kata Werinussa.

Dikesempatan yang sama, Plt Kakanwil Agama Provinsi Maluku Jamaludin Bugis menyampaikan, pelaksanaan ibadah di masjid dan gereja untuk memasuki new normal ada pola baru tatanan ibadah, yang intinya ibadah tetap dijalankan dengan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditentukan, sehingga lanjut Bugis, perlu dibuat satu model penanganan ibadah.     

Disamping itu Sekertaris MUI Provinsi Maluku, Abdul Manan Latuconsina menambahkan, dalam rangka menciptakan kebaikan bersama dan konteks berbangsa dan bernegara ditengah covid-19. MUI akan merumuskan konsep New Normal dan besok akan disebarkan kepada masyarakat oleh MUI pusat dan itu tentunya akan menjadi acuan untuk kita,” ujarnya (PM.007)


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Testimonial

Menarik ...

Muhammad jihad achmad

DAPATKAN BERITA SEPUTAR MALUKU DAN SEKITARNYA HANYA DI PELITA MALUKU.COM ...

INFORMASI
Kategori