Kedua Kalinya, Pemda KKT Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian
Selasa, 07 Juli 2020
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Kedua Kalinya, Pemda KKT Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian

Saumlaki, Pelita Maluku.com – Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon SH.MH, yang didampingi Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Tanimbar, serta Penjabat Sekda dan sejumlah para Staf Ahli dan Pimpinan SKPD mengikuti virtual Online Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI, Perwakilan Provinsi Maluku, atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar Tahun Anggaran 2019, yang dilaksanakan di Gedung Enos Kediaman Bupati Kepulauan Tanimbar.

img-1594122353.jpg

Dalam Virtual secara Online tersebut, kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Maluku Muhammad Abidin, S.E.AK.CSFA.CA menyampaikan,  bahwa opini yang di berikan oleh BPK RI, atas semua laporan keuangan dari Pemerintah Kabupeten Kepulauan Tanimbar tahun anggaran 2019, adalah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). 

Penetapan ini WTP Bagi KKT, seteah BPK melakukan pemeriksaan atas LKPD KKT, yang terdiri dari neraca per 31 Sesember 2019, Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan Saldo Anggaran lebih, Laporan Operasional, Laporan Arus Kas, Laporan Perubahan Ekuitas untuk tahun yang berakhir pada tanggal tersebut, dan catatan atas laporan keuangan. 

img-1594122387.jpg

Pemeriksaan LKPD ini ditujukan untuk memberikan opini atas kewajaran laporan keuangan pemerintah daerah dengan memperhatikan, empat kriteria yaitu: kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap perundang undangan, dan efektifitas sistem pengendalian interen. Dari hasil pemeriksaan yang di lakukan oleh BPK, maka BPK RI memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). 

Sementara itu Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar dalam sambutannya, menyampaikan, ucapan terima kasih atas masukan dan koreksi dari BPK RI, sehingga Pemda KKT dapat memperoleh opini WTP selama 2 tahun berturut turut.

Fatlolon berjanji, masukan dan koreksi ini nantinya ditindaklanjuti, sesuai batas waktu rrekomendasi yang diberikan selama 60 hari. Usai, pelaksanaan Virtual secara Online, orang nomo satu ini, memberikan apresiasi yang tinggi kepada pimpinan anggota DPRD yang telah ikut membantu pemerintah daerah, berkoordinasi, termasuk melaksanakan fungsi  pengawasan, sehingga kesesuaian laporan keuangan pemerintah daerah telah dinilai dengan wajar. 

img-1594122440.jpg

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Sekretaris Daerah, Inspektorat, Kepala BPKAD, beserta seluruh jajaran selama masa pemeriksaan d¬¬ari bulan Februari kemarin sampai dengan tanggal 8 juni kemarin, bekerja ekstra keras tanpa memandang waktu hanya untuk mempersiapkan laporan guna di serahkan kepada BPK. 

Begitupun kepada semua pimpinan SKPD yang telah bekerja keras menyajikan laporan keuangan yang baik,” Kata Fatlolon

Dikesempatan yang sama Ketua DPRD Jaflaun Batlayeri mengungkapkan, sebagai pimpinan DPRD KKT, Dirinya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah, atas pencapaian yang diperoleh.

Menurutnya, pencapaian WTP tentunya membuat seluruh pimpina dan anggota DPRD bangga, karena ini untuk yang kedua kalinya mendapat predikat WTP. 

Ungkap Batlayerry, ini prestasi penyelenggaraan akuntansi pemerintahan yang sangat baik. dan menunjukan Pemda KKT memiliki kepatutan terhadap peraturan perundang undangan, dan itu dibuktikan lewat pemeriksaan BPK lewat pemberian opini WTP. 

Dijelaskan Kader asal partai Demokrat ini sehubungan rekomendasi BPK, terkait dengan hal internal ini tidak terlalu prinsipil karena hanya bersifat materil, dan tinggal di sesuaikan dengan prosedur saja dan soal utang - utang hanya soal ketersediaan anggaran yang tersedia. 

“yang pastinya kami berharap pemerintah daerah, pak bupati dan jajaran tetap intens dan mempertahankan opini yang diberikan ini. Kami yakin sungguh dengan kepemimpinan pa Petrus Fatlolon lima tahun ini kita WTP.(Gilang)


Komentar

Belum Ada Komentar