Home / Artikel KPU Kota Ambon Gelar Kirab Pemilu 2024

KPU Kota Ambon Gelar Kirab Pemilu 2024

KPU Kota Ambon Gelar Kirab Pemilu 2024

PEMPROV MALUKU

Senin, 05 Juni 2023

Ambon,Pelita Maluku.com - Menyongsong satu tahun menuju hari pemungutan suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon menggelar Kirab Pemilu Tahun 2024.

Kegiatan yang dihelat di depan monumen Gong Perdamaian Dunia, Kota Ambon, Minggu (4/6/2023) mengusung tema "Pemilu Sarana Integrasi Bangsa"

Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan pelaksanaan pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang tersebut. 

Gubernur Maluku Murad Ismail dalam kesempatan itu menyampaikan, apresiasi sekaligus menyambut baik dilaksanakan kirab Pemilu sebagai wujud sosialisasi dan pendidikan kepada masyarakat dalam pemilu.

"Pemilu bukan sesuatu tang baru saya yakin masyarakat dewasa dalam melaksanakan hak politik secara baik dan bertanggung jawab. Tahapan pemilu telah berjalan. Berbagai aturan pemilu telah ditetapkan. Ada lobi politik baik internal maupun eksternal. Pemda mendukung anggaran pemilu dan di tingkat akar rumput masyarakat sedang mencari figur terbaik,"kata Gubernur.

Menurut Gubernur, Kirab Pemilu tahun 2024 memberi makna bahwa eksistensi bangsa harus terus berkelanjutan dalam bingkai keutuhan NKRI dan pemilu adalah sarana politik guna mendapatkan pimpinan bangsa.

Untuk itu sebagai wakil pemerintah pusat di daerah lanjut Gubernur berharap KPU dan Bawaslu tetap bekerja independen, mandiri dan tidak boleh di intervensi apalagi di intimidasi oleh pihak manapun.

"Independensi kpu dan bawaslu akan menghadirkan kepemimpinan yang kredibel berdasarkan keinginan rakyat,"tutupnya.

Sementara itu Ketua Komis Pemilihan Umum Provinsi Maluku Syamsul Rifan Kubangun dalam sambutannya, mengatakan, Kirab Pemilu 2024 yang diselenggarakan ini sebagai bentuk sosialisasi kepada 18 peserta Pemilu 

Kirab Pemilu ini lanjut Kubangun, juga untuk memperkenalkan SURA (Suara Rakyat) dan SURU (Suara Pemilu)

"Kita juga kan perkenalkan nanti ada jingle pemilu kita. Kalau namanya Pesta demokrasi kalau tidak ada lagunya tidak ada semarak. Jadi KPU sudah perkenalan dengan jingle pemilu di Tahun 2024. KPU juga telah siap melaksanakan penyelengaraan Pemilu tahun 2024," jelasnya

Terkait dengan Daftar Pemilu, menurut Kubangun, KPUD Maluku telah menetapkan daftar pemilu sementara Sebanyak 1.340.296 pemilih, yang tersebar di 11 kabupaten/kota dan 118 kecamatan serta 1.234 Desa/kelurahan.

"Kami juga nanti akan telah membentuk kemarin petugas PPDP yang berjumlah 5.464. Kita nanti juga akan merebut jumlah TPS kita yang berjumlah 5.652 dan juga merebut sekitar Tujuh (7) personil yang kita tetapkan sebanyak 39.564 personil. Kita juga telah siap dengan seluruh jajaran kita, baik Itu Ketua Dan anggota Kpu Provinsi Maluku dan Ketua dan Anggota Kabupaten se-Maluku dan seluruh jajaran yang totalnya berjumlah 48.476,"ungkapnya.

Untuk di ketahui, pada kegiatan tersebut Gubernur Maluku, PJ Walikota Ambon, Kapolda Maluku, Kasdam XVI/Pattimura, Danlanud Pattimura juga turut menandatangani Deklarasi Pemilu sebagai Sarana Integrasi Bangsa.(PM.09)

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Google Maps

Kontak

Jl. Tabae Jou RT.003 / RW.007 Kopertis
082397412929 / 081344902466
082397412929
malukupelita@gmail.com

Link

Linkhttp://peli

Jejaring Sosial