Museum Siwalima Provinsi Maluku Gelar Lokakarya dan Lomba Bedah Koleksi
Senin, 04 Juli 2022
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Museum Siwalima Provinsi Maluku Gelar Lokakarya dan Lomba Bedah Koleksi

Ambon, Pelita Maluku.com - Museum Siwalima Provinsi Maluku menggelar kegiatan Lokakarya dan Lomba Bedah Koleksi Museum Siwalima Tahun 2022, dibawa sorotan tema " identitas lokal budaya sejarah orang maluku"

Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Theater Museum Siwalima, Senin (04/06/2022).

img-1656920566.jpg

Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Maluku ini, menghadirkan tim juri seperti Dosen Sejarah Universitas Pattimura Ambon Jhon Pattiasina, Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia IAIN Ambon, Susi Latuconsina,spd. Mpd dan Budayawan Dra. F. Sahusilawane.

Kepala Museum Negeri Siwalima Provinsi Maluku, Darwin Lawalatta dalam kesempatan mengungkapkan,

Lokakarya dan Lomba Bedah Koleksi Museum Siwalima, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Mahasiswa tentang koleksi museum, agar mereka dapat mengetahui lebih jelas tentang asal-usul koleksi yang dimiliki Museum Siwalima.

img-1656920584.jpg

"Para peserta dapat mengenal lebih dalam koleksi museum dan dijadikan penulisan yang akan dinilai oleh tim juri," paparnya.

Dijelaskan Lawalatta, lokakarya dan lomba bedah koleksi yang diselenggarakan Museum Siwalima di Tahun 2022, terdapat 5 koleksi pilihan yang nantinya akan dibedah oleh sebanyak 30 orang yang terbagi dalam 10 tim dan berasal dari beberapa kampus di Kota Ambon.

Salam Lokakarya dan Lomba Bedah Koleksi Museum Siwalima Tahun 2022, Akui Lawalatta, banyak mahasiswa yang tertarik dalam mempelajari sejarah dan budaya yang dimiliki Museum Siwalima.

img-1656920595.jpg

Oleh karena itu, lanjut Lawalatta, kita harus bersama -sana menjaga, melindungi dan melestarikan koleksi-koleksi yang dimiliki saat ini. Bahkan 

Mampu memberikan informasi tentang nilai yang ada pada setiap koleksi yang dijadikan bahan penulisan.

"Kita ingin agar, mahasiswa maupun generasi muda untuk menjaga, melestarikan dan memberikan informasi tentang nilai yang terkandung dari koleksi-koleksi yang mereka ambil sebagai bahan penulisan mereka," terangnya.

Lawalatta berharap, lewat Lokakarya dan Lomba Bedah Koleksi Museum Siwalima Tahun 2022, kedepan para peserta dapat menjadi kepanjangan tangan dari Museum Siwalima untuk menyuarakan keberadaan museum dengan koleksi yang ada sehingga, dapat menarik masyarakat untuk dapat melakukan kunjungan di Museum.

"Para peserta dapat memberikan informasi tentang keberadaan Museum Siwalima yang menyimpang banyak koleksi tentang sejarah Maluku, karena Museum sebagai rumah peradaban di Maluku," terangnya. (Onsal)

Komentar

Belum Ada Komentar