Promal Launching Budaya Kerja ASN BerAkhlak
Jum'at, 15 Juli 2022
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Promal Launching Budaya Kerja ASN BerAkhlak

Ambon, Pelita Maluku.com - Pemerintah Provinsi Maluku melalui Biro Organisasi Setda Maluku, resmi melauching Core Values BerAKHLAK dan Employer Branding ASN, Jumat (15/7/2022), di Gedung Islamic Center, Kota Ambon. 

Core Values ASN meliputi Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten,  Harmonis,  Loyal, Adaptif, Kolaboratif yang disingkat BerAKHLAK. Sedang Employer Branding ASN adalah Bangga Melayani Bangsa.

Hal ini sebagaimana, menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri tentang Percepatan Implementasi Core Values dan Employer Branding ASN di Lingkungan Pemerintah Daerah, dengan harapan nilai-nilai ini akan dapat menjadi fondasi budaya kerja ASN yang profesional.

Pembukaan Launching Core Values ASN BerAkhlak dengan Employer Branding “Bangga Melayani Bangsa oleh Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Nathaniel Orno turut disaksikan Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Kemendagri Suprayitno, Penjabat Sekda Maluku Sadali Ie, Founder ESQ Ary Ginanjar dan Kepala Biro Organisasi Setda Maluku, Melky Lohy.

Turut hadir pula, sejumlah pejabat diantaranya, Wakil Ketua DPRD Maluku, Azis Sangkala, Asisten Administrasi Umum Setda Maluku Habiba Saimima, Kakanwil Kemenag Maluku H. Yamin, Pj. Walikota Ambon Boedewin Wattimena, Sekda Pemkot Ambon Ririmese, Kepala BKD Provinsi Maluku, Jasmono dan sejumlah pimpinan OPD Lingkup Pemprov Maluku.

Selain launching, dilaksanakan juga kegiatan Peningkatan Kapasitas SD ASN dengan pemateri, Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Kemendagri Suprayitno dan Founder ESQ Group, Ary Ginanjar, dengan harapan, nilai-nilai ini dapat diinternalisasikan di tingkat Kabupaten/Kota, dan OPD masing-masing, sehingga apa yang di cita-citakan bisa terlaksana. 

Dalam sambutan Gubernur, Wagub berpesan, sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat, ASN hendaknya menjadi penuntun utama dalam melaksanakan tugas dan pelayanan kepada masyarakat, dengan landasan akhlak yang kokoh, niscaya ASN akan terhindar dari perbuatan tercela.

Terminologi Akhlak  kelas Wagub, merupakan tingkah laku seseorang yang didorong oleh suatu keinginan secara sadar untuk melakukan suatu perbuatan yang baik. Sehingga akhlak yang baik tercermin pada  tingkah laku, atau tabiat yang baik pula.

Ia menilai,  dalam era RB perubahan harus dilakukan secara masif, konsekuen, dan konsisten, guna tercapainya perbaikan dalam segala bidang, baik ideologi, politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Sebab, hakekat melaksanakan RB adalah untuk menciptakan jajaran ASN yang profesional, mampu melayani publik secara netral, berdedikasi dan memegang teguh nilai dasar dan kode etik ASN. 

Karena itu guna mewujudkan kriteria diatas (Budaya kerja berakhlak), sebut Wagub, tidaklah mudah. Diperlukan upaya dalam menata ulang birokrasi dan aparatur yang memiliki pemikiran baru diluar rutinitas," tegasnya.

Olehnya itu, budaya kerja berakhlak yang dilaunching hari ini  harap Gubermur, harus ditindaklanjuti melalui kinerja yang cerdas dan moralitas. 

Pada kesempatan itu, Gubernur juga berpesan, agar ASN menjauhi hal-hal yang menjerumuskannya pada permasalahan penegakan hukum, sebagai akibat penyalahgunaan  kewenangan. (PM.007).

Komentar

Belum Ada Komentar