SEKDA BUKA TEMU BUSINESS MATCHING PELAKU USAHA PERKEBUNAN & LAUNCHING WEBSITE DINAS PERTANIAN PROMAL
Senin, 05 Juni 2023
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

SEKDA BUKA TEMU BUSINESS MATCHING PELAKU USAHA PERKEBUNAN & LAUNCHING WEBSITE DINAS PERTANIAN PROMAL

Ambon,Pelita Maluku.com – Sekretaris Daerah Maluku Ir. Sadali IE, M.Si, IPU, membuka secara resmi Pertemuan Business Matching Pelaku Usaha Perkebunan Provinsi Maluku, sekaligus Melaunching Website Dinas Pertanian Provinsi Maluku, pada Senin (5/6/2023), di Hotel Santika Ambon.

Hadir juga pada kesempatan itu, Pejabat dari Kementerian Pertanian beserta rombongan, Ketua TGPP Provinsi Maluku, Pimpinan Instansi Vertikal dan Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, para narasumber, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten/Kota, Perwakilan Petani dan Pelaku Usaha, beserta unsur lainnya.

Sekda yang menyampaikan sambutan Gubernur Maluku menjelaskan, sektor perkebunan merupakan salah satu unggulan Provinsi Maluku, khususnya tanaman rempah pala dan cengkeh di samping sektor perikanan dan pariwisata.

Peran tersebut antara lain sebagai penyumbang dalam upaya mengoptimalkan sektor pertanian secara umum dan sub sektor perkebunan secara khusus.

Hal ini disampaikan mengingat Provinsi Maluku memiliki potensi perkebunan berupa pala dan cengkeh yang telah dikenal sejak zaman dulu, namun saat ini pengembangannya masih di diperhadapkan dengan masalah rantai pasok, produktivitas, kualitas produk dan pemasaran, sementara dalam regulasi perdagangan global mensyaratkan kualitas produk berstandar internasional.

"Oleh karena itu, saya harapkan agar Standar Operasional Prosedur (SOP) Pasca Panen dan Pengolahan hasil yang dikeluarkan Kementerian Pertanian hendaknya dilaksanakan seluruh pihak baik petani, pedagang, pengumpul, maupun para eksportir.” Ungkapnya.

Pengembangan rempah pala dan cengkeh  lanjut Sekda hendaknya terus di tingkatkan baik dari aspek budidaya, pasca panen dan pengolahan serta pemasaran.

“Karena itu melalui forum ini, saya berharap kepada Kementerian Pertanian, bersama pelaku usaha, instansi vertikal, perbankan maupun Pemerintah terus dukungannya, guna mengembalikan kejayaan rempah pala dan cengkeh di Maluku.

Gubernur juga dalam sambutan tertulisnya, memberikan apresiasi kepada Dinas pertanian Provinsi Maluku yang terus berinovasi dalam pengembangan sektor pertanian, dimana hari ini juga diluncurkan Website Dinas Pertanian Provinsi Maluku.(PM.007)

Komentar

Belum Ada Komentar