Warga di 4 Kabupaten Pelaksana Pilkada Harus Selektif Tentukan Pilihannya
Senin, 07 Desember 2020
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Warga di 4 Kabupaten Pelaksana Pilkada Harus Selektif Tentukan Pilihannya

Ambon, Pelita Maluku.com – Warga di 4 kabupaten yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pemilukada) yakni, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dan Kabupaten Buru Selatan, diminta cerdas dalam menentukan pilihan kepada siapa pemimpin mereka lima tahun mendatang.

Permintaan ini agar warga tidak terkesan memilih kucing dalam karung, saat pelaksanaan pilkada itu berlangsung, karena berkaca dari pengalaman Pilkada pada sejumlah Kabupaten sebelumya, banyak pilihan warga bagi pasangan calon, yang tidak berdasarkan hati nurani atau Visi-Misi pasangan calon. Namun sebaliknya pilihan rakyat kepada calon pemimpin mereka, karena  adanya pragtek-pragtek money politik yang dikemas dalam kegiatan serangan fajar.

Akhirnya, di ujung proses Pilkada sering muncul berbagai pelanggaran-pelanggaran hukum yang berujung sampai tahapan pengadilan, karena banyak pelanggaran Pilkada yang terjadi.

Olehnya itu, guna menciptakan Pilkada di 4 Kabupaten yang berkualitas dan penuh demokrasi, maka seluruh tim sukses maupun tim pemenang pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, tidak melakukan pragteg-pragtek money politik.

Semestinya, dalam pentas politik warga harus diberi kebebasan untuk menentukan pilihan mereka tanpa ada intervensi sedikitpun. Karena yang akhirnya merasakan baik dan buruk roda baik dan buruknya pemerintahan adalah masyarakat sendiri.

Untuk itu di H-2 pelaksanaan Pilkada di 4 Kabupaten di Maluku ini, kiranya dapat direnungkan secara baik oleh warga setempat dalam menentukan siapa Bupati dan Wakil Bupati mereka 5 tahun mendatang.(PM.007).  

Komentar

Belum Ada Komentar