Gubernur Pimpin Peringatan Detik - Detik Proklamasi Ke -77
Rabu, 17 Agustus 2022
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Gubernur Pimpin Peringatan Detik - Detik Proklamasi Ke -77

Ambon, Pelita Maluku.com - Pemerintah Provinsi Maluku, sekitar Pukul 10.00 Wit, menggelar Upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke - 77.

Pelaksanaan Upacara hari Kemerdekaan Republik Indonesia dipusatkan di Lapangan Merdeka, Ambon dengan Inspektur Upacara (Irup) Gubernur Maluku, Murad Ismail, Rabu (17/8/2022). Dan selaku komandan upacara yakni, AKBP Denny Candera, Komandan Batalyon A Pelopor Brimob Polda Maluku.

Upacara yang berlangsung berlangsung dengan sederhana itu, berjalan dengan penuh khidmat dan dihadiri oleh para pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Maluku, pimpinan instansi vertikal, pimpinan BUMN/BUMD, perbankan, para pimpinan OPD Provinsi Maluku dan Pemerintah Kota Ambon. 

Upacara detik-detik Proklamasi diawali bunyi sirene pertanda detik-detik proklamasi. Dan selanjutnya dilakukan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury di hadapan peserta upacara.

img-1660706677.jpg

Setelah itu dilaksanakan pengibaran Bendera Sang Merah Putih oleh pasukan Pengibaran Benderah (Paskibrakah) yang terdiri dari putra - putri terbaik asal Maluku yang berasal dari 11 Kabupaten/Kota.

img-1660706691.jpg

Ke - 10 anggota Paskibrakah itu diantaranya, M. Adriansyah Pacina asal SMA Negeri 1 Buru (Kabupaten Buru), Figo B. Lesnussa asal SMA Negeri 5 (Kabupaten MBD), Ronaldo. C. Ngarbingan asal SMK Siwalima Langgur (Kabupaten KKT), Kasih . K. A. Tumiwa asal SMA Negeri 3 (Kabupaten Maluku Tenggara), Dafrion Ruhuputy asal SMA Negeri 3 (Kabupaten Maluku Tengah), Gufron I. Tuarita asal SMA Negeri 11 (Kota Ambon), Awrelia M.P. Manoppo asal SMA Xaverius (Kota Ambon), Gerald Salhuteru SMA Negeri 1 (Kota Ambon), Erin. K. Fatimah asal SMA Negeri 11 (Kota Ambon) dan Shelma Mahmud asal SMA Negeri 13 (Kota Ambon). Mereka didampingi anggota TNI AD, TNI AL, TNI AU dan anggota Brimob Polda Maluku. 

img-1660706702.jpg

Usai pelaksanaan upacara, acara dilanjutkan dengan Aubade oleh siswa - siswi dengan menyanyikan sejumlah lagu perjuangan yang diakhiri dengan persembahan lagu "Maluku Tanah Pusaka" oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail yang mendapat sambutan dari peserta, para tamu dan undangan. 

Rangkaian HUT RI juga diakhiri dengan pemberian remisi kepada narapidana yang diserahkan Gubernur Maluku didampingi Kakanwil Kemenkumham Maluku H.M Anwar kepada empat perwakilan narapidana. (PM.007)

Komentar

Belum Ada Komentar