Wagub Ingatkan Dokter Muda Tak Memilih Tempat Tugas
Senin, 28 September 2020
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Wagub Ingatkan Dokter Muda Tak Memilih Tempat Tugas

Ambon, Pelita Maluku.com - Wakil Gubernur Maluku,  Barnabas Natanhiel Orno mengingatkan kepada para Dokter Muda lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, untuk tidak memilih tempat tugas, saat mereka ditempatkan diwilayah Maluku. Demikian disampaikan Wagub saat menghadiri acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Dokter Baru Lulusan ke-18 periode September Tahun 2020 Fakultas Kedokteran Unpatti Ambon secara virtual dari Kantor Gubernur Maluku, Senin (28/9/2020).

Hal ini disampaikan Wagub, mengingat wilayah maluku secara keseluruhan masih membutuhkan tenaga dokter, guna melayani kesehatan masyarakat, sekaligus meningkatkan kemampuan keilmuan mereka. 

Diakui Wagub, karakteristik Maluku merupakan daerah kepulauan dengan tingkat kesuliatan yang cukup tinggi, serta akses antar wilayah yang sangat terbatas. Disamping ketersediaan sarana dan prasarana infrastruktur penunjang yang belum memadai. Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi para dokter baru yang akan mengabdikan dirinya di Maluku. 

Untuk itu Wagub atas nama Pemprov Maluku menyampaikan selamat kepada para Dokter Baru yang telah diambil sumpah dan dilantik, dengan harapan mereka dapat mengimplementasikan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh selama mengikuti pendidikan. Dan tentunya menjadi momentum strategi bagi Pemprov Maluku untuk menyiapkan tersedianya tenaga kesehatan khususnya dokter yang masih dirasakan terbatas di Maluku. 

Sementara itu, Rektor Unpatti Marthinus Johanes Saptenno memberikan apresiasi tinggi kepada Fakultas Kedokteran Unpatti yang sudah menghasilkan 210 Dokter sejauh ini. Dan hari ini mendapatkan 10 Dokter baru. 

Walaupun dalam kondisi Pandemi Covid-19 yang mencekam tetapi ternyata kualitas lulusan kita tidak mengecewakan. Presentase lulusan sebanyak 80  persen mencerminkan semangat juang dari mahasiswa sekalian. Ini adalah hal yang perlu dibanggakan," bangganya. 

Untuk itu Kepada 10 Dokter baru, Rektor menyampaikan beberapa hal penting, bahwa menjadi dokter merupakan pekerjaan yang mulia. Namun sesuai sumpah yang diucapkan tadi, menandakan pekerjaan ini tidaklah mudah. Sebab, masih ada dokter yang mau ditempatkan di daerah tertentu, menolak. 

Bagi Rektor, yang lebih penting adalah para dokter muda harus mau mengabdi di wilayah Maluku yang serba kepulauan. Dimana sebagian masyarakatnya belum tersentuh aspek kesehatan.

Untuk itu Rektor berharap, ada kebijakan khusus kepada Fakultas Kedokteran Unpatti terutama para lulusan, agar mereka bisa ditempatkan di puskesmas-puskesmas yang masih membutuhkan tenaga dokter. Namun harapan tersebut masih terkendala akibat para Bupati/Walikota belum mengambil kebijakan tertentu untuk menempatkan para dokter. 

Diketahui, acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Dokter Baru Lulusan ke-18 periode September Tahun 2020 Fakultas Kedokteran Unpatti Ambon yang berlangsung secara virtual ini, dihadiri pimpinan IDI Maluku, Dinas Kesehatan Maluku/Kota Ambon, RSUD Haulussy Ambon/RST/RSAL/RSKAD, PKM Karang Panjang, para Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Kedokteran Unpatti dan undangan lainnya. (PM.007)


Komentar

Belum Ada Komentar