Kota Ambon Juara Umum Lomba Festival Pangan Lokal B2SA Provinsi Maluku
Kamis, 18 November 2021
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Kota Ambon Juara Umum Lomba Festival Pangan Lokal B2SA Provinsi Maluku

Ambon, Pelita Maluku com - Untuk kedua kalinya, Tim Penggerak PKK Kota Ambon menjadi juara umum Lomba Festival Pangan Lokal B2SA untuk penanganan Stunting tingkat Provinsi Maluku.

Kemenangan ini diperoleh setelah Tim Penggerak PKK Kota Ambon berhasil meraih juara pertama pada kategori Penanganan Stunting dan juara kedua kategori Produk Komersial, yang diumumkan saat pembukaan Rapat Konsultasi TP PKK Tingkat Provinsi Maluku dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke -49 tahun 2021, di Islamic Center, Kamis (18/11/2021)

Dalam testimoninya, Ketua TP PKK Kota Ambon, Debbie Louhenapessy, mengatakan, berkaca dari lomba B2SA di Palangkaraya tahun 2012 lalu. Dimana TP PKK Kota Ambon tidak meraih juara, maka hal ini menjadi bahan evaluasi. 

Olehnya dalam menghadapi Lomba B2SA, TP PKK Kota Ambon telah melakukan persiapan diri secara maksimal. 

"Biasanya di tiap lomba, kami ada tim kerja. Tim ini yang pertama membahas persiapan yang akan di lombakan. Kemudian setelah di pelajari, kami lihat keterkaitannya dengan apa saja. Lalu kami lihat dengan siapa kami harus berkolaborasi," jelasnya.

Menurutnya, evaluasi akan kekalahan pada lomba B2SA sangatlah penting, guna mengetahui kesalahan yang membuat TP PKK Kota Ambon kalah.

Dan ternyata Lanjut Louhenapessy, kekalahan Kota Ambon saat itu adalah, ahli gizi yang dipakai saat itu untuk orang sakit. padahal seharusnya ahli gizi yang dinginkan dalam lomba B2SA untuk orang sehat. 

"Akhirnya kami bertemu seorang profesor di IPB Bogor. Dengan di dampingi ahli gizi dari kota Ambon, kita sama-sama belajar di MPA training Consulting di Bogor selama 3 hari. Dari situ kami mulai sosialisasi. Hal ini juga dibicarakan ke ketua dewan pembina TP PKK Kota Ambon yaitu, Walikota. Beliau menyetujui untuk disosialisasikan secara merata,"tandasnya. 

Setelah mendapat pengalaman yang berharga itu akhirnya, TP-PKK Kota Ambon mulai melakukan sosialisasi pada semua TP-PKK khususnya Pokja 3 dan dan di ikuti juga ahli gizi yang ada di kota Ambon. Tujuannya agar supaya semua bisa sejalan. 

"Inilah titik awal kami mulai mengerti, untuk kemudian saya bisa tau, setiap desa kelurahan mengerti,"terangnya.

Inilah daftar juara Festival Pangan Lokal B2SA. Kategori Penanganan Stunting : Juara 1 Kota Ambon, Juara 2 Kabupaten Maluku Tenggara, Juara 3 Kabupaten Buru Selatan, Harapan 1 Kabupaten Maluku Barat Daya , Harapan 2 Kabupaten Seram Bagian Barat dan Harapan 3 Kota Tual

Kategori Produk Komersial : Juara 1 Kabupaten Maluku Barat Daya, Juara 2 Kota Ambon, Juara 3 Kabupaten Maluku Tengah, Harapan 1 Kabupaten Seram Bagian Timur, Harapan 2 Kabupaten Kepulauan Aru dan Harapan 3 Kabupaten Kepulauan Tanimbar.(Onsal)

Komentar

Belum Ada Komentar