Kurang Lebih 1500 Rumah Warga Suli Yang Rusak Ringan Akibat Dampak Gempa Belum Tersentuh
Kamis, 14 Desember 2023
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Kurang Lebih 1500 Rumah Warga Suli Yang Rusak Ringan Akibat Dampak Gempa Belum Tersentuh

Ambon, Pelita Maluku.com – Kurang lebih 1500 rumah milik warga di Negeri Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, yang rumahnya mengalami rusak ringan, akibat gempa bumi yang melanda Maluku dan sekitarnya sejak tahun 2019 kemarin, hingga kini masih terus mempertanyakan keseriusan dari Pemerintah provinsi Maluku untuk melihat kondisi mereka.

Pasalnya, hingga kini belum satupun rumah warga yang terkena dampak rusak ringan, mendapat sentuhan. Padahal seluruh data yang dibutuhkan telah di masukan. Bahkan lanjut Purinela, telah ada pertemuan antara pihak pihak Saniri Negeri bersama Pemerintah provinsi Maluku. Namun nyatanya sudah 4 tahun berlalu semuanya hanya isapan jempol belaka.

“Terkait dengan bantuan bagi masyarakat yang terkena dampak gempa di tahun 2019 kemarin, di Negeri Suli Khususnya bantuan gempa bagi warga yang rumah rusak berat dan sedang sebagian sudah selesai. Namun yang rusak ringan belum satupun tertangi. Kurang lebih terdapat 1.500 rumah penduduk yang rusak ringan belum mendapatkan apa-apa,” Demikian di ungkapkan Sekretaris Negeri Suli Simon Purinela S.Sos. kepada Pelita Maluku.com di ruang kerjanya, Rabu (13/12/2023).

Menurut Purinela, bantuan yang pernah diberikan Pemerintah provinsi Maluku bagi warga yang rumahnya terkena dampak rusak ringan hanya berupa biaya pembersihan rumah sebesar Rp.250.000 dan itu pun disalurkan lewat rekening masing-masing. Sementara untuk bantuan lainnya hingga kini tak kunjung datang.

Olehnya pada kesempatan ini Purinela berharap, adanya perhatian serius dari Pemerintah Provinsi Maluku, paling tidak dalam waktu dekat ini telah ada perhatian bagi mereka yang menjadi korban dari gempa bumi ini. (PM.007)

 

 

Komentar

Belum Ada Komentar