Maluku Komitmen Implementasikan Program ‘Satu Data Indonesia’
Rabu, 06 November 2019
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Maluku Komitmen Implementasikan Program ‘Satu Data Indonesia’

Ambon, Pelita Maluku.com - Dalam rangka merealisasikan amanat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku berkomitmen untuk mengimplementasikan program ‘Satu Data Indonesia’.

Komitmen ini dilakukan sebagai upaya mengelola data informasi secara akurat dalam proses pembangunan di Maluku.

“Kami (Pemprov Maluku-red) benar-benar akan implementasikan program ini di Maluku. Jadi siapapun atau lembaga apapun, kalau mau mendata pintunya itu hanya satu. Mungkin dalam hal ini akan dikelola oleh Kominfo secara berjenjang, apakah itu di kabupaten/kota atau provinsi,” Penegasan ini disampaikan Gubernur Maluku Drs. Murad Ismail dalam sambutannya yang dibacakan Plt. Sekda Maluku Kasrul Selang saat membuka dengan resmi Rapat Koordinasi (Rakor) ‘Satu Data Indonesia’ yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku di Hotel Amaris, Ambon, Rabu (6/11/2019).

Menurut Gubernur, dengan program ‘Satu Data Indonesia’,  ke depan tak ada lagi perbedaan data antara instansi dan mempermudah pemerintah dalam pengambilan kebijakan.

Bagi Pemprov Maluku, data ini memiliki fungsi yang sangat strategis, sebagai dasar perencanaan dan membuat keputusan, juga sebagai alat pengendali dan evaluasi pelaksanaan kegiatan.

Dijelaskan, dalam konteks pembangunan yang akuntabel, akurasi dan validitas, data mutlak diperlukan dalam mewujudkan pembangunan yang baik, akuntabel dan berkesinambungan.

‘Program Satu Indonesia’ tambah gubernur, memiliki tiga prinsip utama yaitu, satu standar data, satu mata data dan satu portal data. Dengan demikian pemanfaatan data tidak hanya terbatas pada penggunaan secara internal antar instansi, tetapi sebagai pemenuhan kebutuhan informasi publik bagi masyarakat.

Program ini juga dianggap penting demi terwujudnya satu data yang berkualitas, yang akan menjadi dasar bagi pelaksanaan, perencanaan dan pengendalian pembangunan Maluku yang efektif dan efisien.

Rakor ‘Satu Data Indonesia’ merupakan kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan peran institusi statistik dalam rangka penyelenggaraan statistik sektoral untuk ‘Satu Data Indoensia’.

Dengan kata lain, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan SDM dalam menghasilkan data yang akurat dan berkualitas yang dihasilkan oleh semua perangkat daerah.

Rakor yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku itu mengangkat tema “Peningkatan Peran Institusi Statistik dalam Satu Data Indonesia dihadiri Kepala BPS Provinsi Maluku, Dumangar Hutauruk, para kepala dinas Komunikasi dan Informatika (Infokom) kabupaten/kota se-Maluku, Kepala Bappeda kabupaten/kota se-Maluku(PM.007)

Komentar

Belum Ada Komentar