Gubernur Maluku Lounching Road To Sinode III Keuskupan Amboina
Minggu, 05 Mei 2019
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Gubernur Maluku Lounching Road To Sinode III Keuskupan Amboina

Ambon, Pelita Maluku.Com – Gubernur Maluku Drs. Murad Ismail dan Wakil Gubernur Maluku Drs. Barnabas Orno, mendukung sepenuhnya pelaksanaan Sinode Keuskupan Ambon, yang diselenggarakan oleh Uskup Diosis Amboina Mgr. Petrus Canisius Mandagi,MSC.

Dukungan penuh kedua Pemimpin Daerah Maluku yang baru saja dilantik dan diangkat sumpah oleh Presiden RI Djoko Widodo pada 24 April 2019 yang lalu, ditunjukan lewat kehadiran mereka berdua sekaligus Melaunching Road To Sinode III Keuskupan Amboina tahun 2019, yang ditandai dengan pemukulan Tifa Oleh Gubernur Maluku serta penyerahan Plakat oleh Uskup Diosis Amboina Mgr. PC, Mandagi kepada Gubernur Maluku dan disaksikan oleh Wakil Gubernur, Muspida, Tokoh Agama serta seluruh umat Katolik yang turut hadir saat Lounching di gedung Katolik Center Kota Ambon Sabtu (4/05/2019) kemarin, Dibawah sorotan Tema“ Keuskupan Amboina memperbaharui dan menyucikan diri bagi pelayanan Dimaluku dan Maluku Utara, demi terwujud dirinya sebagai  gereja mandiri “.

img-1557049286.jpg

Dalam Sambutan tertulisnya orang nomor satu di Maluku ini mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Maluku mendukung sepenuhnya pelaksanaan Sinode ke III Keuskupan Amboina sebagai sarana penyampaian aspirasi Masyarakat khususnya umat katolik dalam rangka membangun kehidupan yang lebih baik di Keuskupan Amboina.

Menurut Gubernur, secara jelas sejarah Keuskupan Amboina  sejalan dengan tujuan Dirinya, untuk melakukan perubahan dan pemantapan akan hasil-hasil yang telah dicapai, sekaligus melakukan terobosan yang bermuara pada tujuan mulia yakni membawa Maluku menuju Kesejeteraan, Adil dan makmur.

Semangat dan cita-cita ini kata Gubernur Maluku, telah dituangkan dalam Visi-Misi Pemerintah Daerah, guna mewujudkan birokrasi yang dinamis, jujur, bersih dan melayani, meningkatkan kualitas pendidikan, meningkatkan infrakstruktur di gugus pulau, meningkatkan infrakstruktur bagi investasi serta mewujudkan Sumber Daya Alam yang profesional.

Untuk itu pada kesempatan tersebut Mantan Kapolda Maluku ini menyatakan, selaku Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku  mereka berdua bukan milik partai pengusung, partai politik maupun tim sukses, melainkan milik seluruh masyarakat maluku. 

“ Mari satukan hati bulatkan tekad dan bahu membahu bangun maluku yang sejahtera, adil dan makmur,” Ujar Gubernur Maluku.

img-1557049315.jpg

Dikesempatan yang sama Uskup Diosos Amboina Mgr. PC. Mandagi dalam sambutannya mengatakan, kehadiran Gubernur dan Wakil Gubernur pada Lounching Sinode III Keuskupan Amboina sebagai bentuk dukungan penuh Pemerintah Daerah kepada Umat Katolik di Provinsi Maluku dan Maluku.

Dijelaskan Mandagi, Sinode Keuskupan Amboina adalah sidang atau pertemuan yang tidak di hadiri oleh para pastor maupun kaum Biarawan – Biarawati, namun dihadiri juga oleh kaum awam di seluruh Keuskupan Amboina.

Menurutnya, Sinode Keuskupan Amboina di selenggarakan oleh Uskup Diosis Amboina sebagai penasehat sebagai dalam menjalankan rugas pengembalaan.

 “ Jadi Pastor tidak boleh melaksanakan Sinode, karena itu tidak sah,” Ungkap Mandagi.

Hasil Sinode lanjut orang nomor satu di Keuskupan Amboina, tidak mewajibkan Uskup untuk melaksanakan hasil Sinode, melainkan hasil sinode ini akan membantu Uskup dalam melaksanakan tugas pengembalaan, dan sesuai kebijakan pastoral.

“ Beta bodohnya Mandagi kalau tidak mendengarkan hasil Sinode, saya telah keluarkan uang banyak lalu hasilnya di buang atau tidak dipakai, dan itu tidak memutuskan Uskup melaksanakan itu,” jelasnya.

img-1557049345.jpg

Olehnya Uskup Berharap, pastor dan seluruh umat katolik di Maluku dan Maluku Utara untuk melaksanakan Sinode III Keuskupan Amboina dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu Ketua Panitia Sinode III Keuskupan Amboin Titus Renwarin Dalam laporannya mengatakan, Sinode III Keuskupan Amboina berbeda dengan Sinode I dan II, karena di dahului dengan Lounching.

Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk sosialisasi dan ajakan kepada seluruh masyarakat, khususnya umat katolik se – Keuskupan Amboina untuk bangkit bersama Uskup, mendiskusikan berbagai problem kehiduopan dan berupaya mencari solusi demi kemajuan dan kesejahteraan seluruh umat khususnya umat se – Keuskupan Amboina.

Adapun tujuan dilaksanakan Lounching Sinode III Keuskupan Amboina adalah sebagai sarana sosialiasi tentang Sinode Keuskupan dan ajakan partisipasi untuk sukseskan Sinode ke III dan juga sebagai informasi kepada komponen masyarakat bahwa Sinode Keuskupan bukan untuk memilih Uskup yang baru.

Sinode III Keuskupan Amboina akan dirangkai bersama 25 tahun tabisan Uskup Diosis Amboina Mgr. PC Mandagi yang akan dilaksanakan pada 18 September 2019,” Ujar Renjaan (PM.007).

Komentar

Belum Ada Komentar