Murad dan Barnabas Resmi Jadi Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku
Rabu, 24 April 2019
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Murad dan Barnabas Resmi Jadi Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku

Ambon, Pelita Maluku.com – Presiden Republik Indonesia Jokowi akhirnya secara Resmi melantik Murad Ismail dan Barnabas Orno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku terpilih Periode 2019 - 2024. Pelantikan tersebut berlangsung di Istana Negara, Jakarta.

Pelantikan terhadap Murad Ismail dan Barnabas orno ini diawali dengan penyerahan Petikan Keputusan Presiden yang berlangsung di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2019). Murad dan Barnabas tampak mengenakan pakaian resmi kepala daerah warna putih.

Dalam penyerahan petikan tersebut, Jokowi didampingi oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Selanjutnya, Jokowi bersama menteri dan kepala daerah yang dilantik itu berjalan kaki menuju Istana Negara.

Hujan rintik menemani jalan kaki para pejabat tersebut ke Istana Negara yang hanya berjarak sekitar 100 meter. Perjalanan ini juga diiringi pasukan kirab kehormatan.

Setiba di Istana Negara, Murad dan Barnabas langsung berdiri di tengah ruang utama. Proses pelantikan pun dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan 'Indonesia Raya'.

Selanjutnya, pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 189/P Tahun 2018 tentang Pengesahan, Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku masa jabatan 2019-2024 yang ditetapkan di Jakarta pada 28 September 2018. Jokowi kemudian menanyakan kesediaan Murad dan Barnabas untuk diambil sumpah jabatan.

Terlebih dahulu saya akan bertanya, bersediakah suadara-saudara mengucapkan sumpah menurut agama masing-masing?" kata Jokowi." Bersedia," jawab Murad dan Barnabas.

Setelah pembacaan sumpah, Murad dan Barnabas menandatangani berita acara pelantikan sebagai gubernur dan wakil gubernur Maluku 2019-2024 di hadapan Presiden Jokowi. Jokowi juga membubuhkan tanda tangan di dokumen itu.(PM.007)

Komentar

Belum Ada Komentar