Rutumalessy : Honda Yang Jadi Pengurus Parpol Harus Ditertibkan
Senin, 04 Juli 2022
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Rutumalessy : Honda Yang Jadi Pengurus Parpol Harus Ditertibkan

Piru, Pelita Maluku.com – Honor Daerah (Honda) di Kabupaten Seram Bagian Barat yang kini menjadi pengurus aktif di Partai Politik (Parpol) hendaknya ditertibkan oleh Pemerintah Kabupaten setempat. Demikian ditegaskan oleh salah satu tokoh masyarakat Seram Bagian Barat (SBB) Mozes Rutumalessy kepada media ini, Sabtu (30/06/2022) kemari.

Menurut Dia, honorer daerah mestinya mematuhi segala aturan kepegawaian meskipun bukan ASN, karena menjadi Honda tentunya ada yang melekat serta harus di taatinya

“honerer sudah seharusnya mematuhi aturan soal kepegawaian, meskipun mereka bukan ASN. Karena mereka dibayar dengan APBD. Itu berarti, segala ketentuan yang berlaku bagi ASN, juga berlaku bagi tenaga honorer.” Tandas Rutumalessy.

Apalagi lanjut Rutumalessy, tenaga honorer yang kini menjadi pengurus Parpol, tentunya sudah harus ditertibkan oleh pemerintah daerah. 

“Ada Honer daerah di Dinas Kominfo SBB inisial FB, nanti di cek. yang menjadi pengurus salah satu Parpol. Ini harus menjadi perhatian Pemda untuk menertibkan Honer daerah tersebut. Karena, sudah pasti dia akan berpolitik praktis dan itu dilarang bagi ASN. Walaupun dia bukan ASN, tetapi dia harus mematuhi aturan-aturan kepegawaian.” Paparnya.

Selain menjadi tenaga honorer di Dinas Kominfo, Kata Rutumalessy, FB juga disebut berprofesi sebagai jurnalis media online.

“Dia juga masih aktif menjadi wartawan di salah satu media online. Hal ini juga harus menjadi catatan bagi Kadis maupun kepala BKPSDM. Karena dia digaji dari APBD, tetapi yang bersangkutan membuat pemberitaan - pemberitaan yang memojokkan pemerintah daerah.” Tegas Rutumalessy.

Bahkan beberapa kali di Media Sosial, yang bersangkutan mengkoordinir massa untuk melakukan demo ke Pemda, diluar dari konteksnya selaku Honorer. Hal ini tentunya sudah menjadi catatan pagi Pemda untuk melakukan penertiban terhadap yang bersangkutan.

"Sementara itu, Kadis Komnifo SBB M. Hatala yang dikonfirmasi melalui telepon selulernya, terkait pernyataan Rutumalessy, membenarkan jika FB masih tercatat sebagai salah satu tenaga honor pada dinas Kominfo SBB.

“Memang benar yang bersangkutan masih tercatat di bagian keuangan serta bagian kepegawaian dinas Kominfo, sebagai tenaga honorer.” Jawab Kadis.(PM.09)

Komentar

Belum Ada Komentar