Jum'at, 01 Juli 2022
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

"Tujuh Wartawan Tual- Malra Lolos UKW

Ambon, Pelita Maluku.com - Sebanyak tujuh jurnalis dari Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara telah dinyatakan "kompeten" setelah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Maluku selama kurang lebih dua hari.

UKW Kolaborasi antara Dewan Pers dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), dan Ikatan Junalis Televisi Indonesia (IJTI) berlangsung di Hotel Natsepa, Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

img-1656668623.jpg

Dari tujuh jurnalis diantaranya, lima peserta dari Tual dan dua dari Kabupaten Malra yang dinyatakan kompeten yakni, John Matrix Geraldo Leisubun, dari media Maluku Post; Agustinus B. Rahakbauw, Zona Hukum News.com Linus Labes Remetwa,dari Suara Damai; Gerardus Ngamel, Marrin News; Sepnat Romkeny, Berita Laser; Helena Dewi Ayu Sirwutubun, Dharapos; dan Muhammad Saad Renleuw, Tenggara Jaya.

Tujuh wartawan ini tersebar di tiga kelas dengan penguji yang berbeda. Mereka diuji tentang pemahaman terhadap Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan hukum/undang-undang/peraturan terkait pers, kemampuan merencanakan/mengusulkan liputan, rapat redaksi, mencari bahan liputan acara terjadwal, wawancara cegat, membangun jejaring, menulis berita, menyunting berita, wawancara tatap muka, dan menyiapkan isi rubrikasi.

img-1656668646.jpg

Koordinator PWI Kota Tual Abdullah Tusiek yang dimintai keterangan terkait kelulusan ke-7 wartawan ini , memberikan apresiasi atas capaian tersebut yang diperoleh.

Abdullah berharap, setelah ke-7 wartawan Kota Tual dan Malra dinyatakan kompeten, kiranya mereka dapat mengimplementasikan ilmu yang mereka dapat saat pelaksanaan UKW, khususnya, Komitmen menegakkan Kode Etik Jurnalistik

Dijelaskan Abdullah, UKW jenjang muda ini merupakan tahap awal menjadi seorang jurnalis profesional. 

Ia menilai, ada beberapa hal yang menjadi catatan penting untuk dibenahi dan ditingkatkan. Salah satunya, penerapan Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

img-1656668670.jpg

Bagi Dullah, kompetensi wartawan sebenarnya teruji saat berada di masyarakat. Meski sudah diakui oleh Dewan Pers sebagai jurnalis yang kompeten,. Dullah menambahkan, jika tidak dapat mengimplementasikan pengakuan itu kepada masyarakat, maka predikat kompeten itu patut dipertanyakan. Olehnya itu, dalam semangat tentu kita mewujudkan wartawan profesional dan bermartabat.

Apresiasi yang sama juga disampaikan oleh salah satu peserta ujian UKW. Agustinus B. Rahakbauw, mewakili peserta UKW

Rahakbauw, pertama menyampaikan apresiasinya, kepada Koordinator PWI Kota Tual, yang selalu dan senantiasa memberikan dukungan dan support kepada ke-7 Jurnalis asal Kota Tual dan Malra ini.

Menurut Rahakbauw, apa yang ditunjukkan oleh koordinator PWI Kota Tual perlu di contohi agar kedepan Organisasi PWI di Kota Tual dan Malra bisa tumbuh dan berkembang menjadi Organisasi yang segani," ujar Rahakbauw (PM.007) 




           

Komentar

Belum Ada Komentar