Widya : TP-PKK Maluku Dorong Program Kompor Listrik Induksi
Sabtu, 06 November 2021
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Widya : TP-PKK Maluku Dorong Program Kompor Listrik Induksi

Ambon, Pelita Maluku.com  - Peringatan ke-76 tahun Hari Listrik Nasional (HLN), merupakan momen penting dalam sejarah pengabdian PT. PLN (Persero). 

Menyemarakkan peringatan HLN tahun ini, PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara turut membangun solidaritas melalui penyelenggaraan Electrifyng Lifestyle atau gaya baru serba listrik yang dirangkai dengan Lomba Masak memakai Kompor Listrik, di Tribun Lapangan Merdeka Kota Ambon, Sabtu, (6/11/2021).

Lomba tersebut, dimenangkan Kelompok Kerja (POKJA) III, TP-PKK Provinsi Maluku. Mereka berhasil memberikan hidangan terbaik setelah memasak nasi goreng selama  30 menit saat menjadi peserta lomba. Sedangkan untuk juara II di menangkan tim dari BNI, juara III dari Telkom dan juara favorit oleh PIKK PLN II.

Lomba ini menghadirkan Chef Norman Ismail, Stefanus Danni dan Nevi Michel. Sedangkan peserta lomba adalah dari tim TP-PKK Maluku (2 tim), PIKK PLN (2 tim), Kodam XVI/Pattimura, Telkom, Mandiri, Kejaksaan, BNI, BRI, Polda Maluku dan TP-PKK Kota Ambon. Masing-masing tim terdiri dari dua orang. 

Ketua TP-PKK Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad dalam sambutannya memberikan apresiasi  sekaligus mendorong pemakaian Kompor Listrik Induksi. Dengan harapan dapat menekan impor sekaligus pemakaian LPG. 

Pemanfaatan Kompor Listrik Induksi, kata Widya, akan memberi manfaat tidak hanya kepada pengguna, namun juga pada perkembangan sektor energi. Bagi pengguna, Kompor Listrik Induksi merupakan kompor yang ramah lingkungan, sehat dan nyaman karena tidak mengeluarkan gas CO2. 

“Oleh karena itu, kami mendorong penggunaan kompor ini,” kata Widya.

Ia menerangkan, pemerintah saat ini terus mendorong penggunaan kompor induksi sebagai salah satu upaya dalam penggunaan energi bersih, sebagai bentuk konversi LPG yang berpotensi untuk mengurangi subsidi gas. 

Dengan adanya konversi ini, harapaannya dapat membantu mengurangi ketergantungan terhadap impor subsidi. 

Menurutnya, PLN dapat menyediakan pasokan kelistrikan yang andal sehingga gerakan konversi kompor induksi di Indonesia termasuk Maluku dan Kota Ambon, dapat terlaksana dengan baik. Ia mengajak masyakat Maluku, khususnya di Kota Ambon, untuk dapat beralih menggunakan kompor induksi saat akan memasak di rumah. 

Kami pun berharap, lomba ini, dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Maluku dan Kota Ambon serta dapat merealisasikan penggunaan energi yang lebih bersih untuk kemajuan Maluku. 

Ditempat yang sama, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Adams Yogasar menyatakan, PLN bersama pemerintah hingga saat ini, terus mengkampanyekan penggunaan Kompor Listrik Induksi. Ini tidak lain sebagai upaya pemanfaatan energi yang lebih bersih dan ramah lingkungan serta efisien. 

Selain itu, penggunaan kompor tersebut juga sebagai bentuk program pemerintah dalam mengkonversikan penggunaan LPG yang dapat membantu dalam mengurangi ketergantungan terhadap impor dan juga subsidi gas. 

Turut hadir Sekretaris Kota Ambon A.G. Latuheru, para pimpinan BUMN/Kodam XVI/Pattimura dan undangan lainnya. (PM.,007)

Komentar

Belum Ada Komentar