Bertambah 2 orang, Maluku Positif Terinfeksi Covid-19 Capai 14 Orang
Senin, 13 April 2020
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Bertambah 2 orang, Maluku Positif Terinfeksi Covid-19 Capai 14 Orang

Ambon, Pelita Maluku.com – Pasien positif terinfeksi Covid-19 di Provinsi Maluku, semakin hari menujukkan tren peningkatan. Setelah Sabtu (11/04/2020) kemarin terdapat 9 orang yang terifeksi Virus mematikan, Hari ini (13/04/2020) terdapat dua pasien yang terkonfirmasi terinfeksi virus Covid-19.

Penambahan dua pasien positif ini, berdasarkan hasil tracking dari pasien 02. Dengan demikian kedua pasien ini dikategorikan sebagai pasien 13 dan 14. Dengan rincian 1 pasien sembuh dan 13 pasien dalam perawatan atau isolasi. 

“Terkonfirmasi dua orang positif Covid-19. merupakan cucu pasien 02. Sebelumnya terdapat 3 orang dan kini tambah lagi 2 orang. Jadi dari hasil tracking pasien 02 terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien total sudah lima orang yang terkonfirmasi Positif Covid-19.” Ungkap Ketua Harian Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Kasrul Selang kepada wartawan di posko gugus tugas Covid-19 Provinsi Maluku, Senin (13/4/2020). 

Menurut Selang, kedua pasien tersebut kini telah dirawat di Balai Diklat milik Provinsi, mengingat keduanya bukan pelaku perjalanan.

Alasan kedua pasien ini dirawat di Balai Diklat, jelas Selang, mengingat keteresediaan ruang pada rumah sakit rujukkan seperti RSUD Haulussy dan RSU lainnya sangat terbatas, sehingga pasien positif tanpa gejala dan pasien tanpa keluhan, maupun pasien keluhan ringan maupun sedang berdasarkan hasil pemeriksaan Tim medis,  direkomendasikan untuk di  rawat pada Balai LPMP maupun Balai Diklat Provinsi. Mengingat kedua Diklat ini telah dirubah menjadi Rumah Sakit. 

Lewat perawatan dan pengobatan yang rutin, diharapkan kedua pasien ini bisa sembuhkan, bersama dengan pasien – pasien lainnya.

Dari data gugus tugas Covid-19 Provinsi Maluku, Kota Ambon terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 9 kasus, Maluku Tengah 3 kasus dan Seram Bagian Barat (SBB) 1 kasus. Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) 9 kasus dan orang dalam pemantauan 131 orang.

Diketahui pasien 02 di isolasi di RSUD Haulussy, pasien 03 dirawat di RSUD Haulussy, pasien 04, 05 dan 06 di Balai Diklat hasil tracking pasien 02. Pasien 07 sementara di Rumah Sakit Angkatan Laut Halong, 08 dan 09 Pasien asal Saparua masih di Rumah Sakit AL  Halong. Sedangkan pasien 10 rujukan dari Kabupaten Seram Bagian Barat di Rumah Sakit AL Halong dan Pasien 11 dan 12 yang merupakan calon Perwira Polda di Rumah Sakit Bhayangkara Tantui.(PM.007)


Komentar

Belum Ada Komentar