Bupati Aru Buka Germas Goes To School
Sabtu, 27 November 2021
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Bupati Aru Buka Germas Goes To School

Dobo, Pelita Maluku.com - Bupati Kabupaten Kepulauan Aru Johan Gonga membuka kegiatan Germas Goes To School, yang dilaksanakan di SMP Kristen 1 Dobo, pada sabtu (27/11). Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Aru Muin Sogalrey, Ketua PKK Kabupaten Cherlly Gonga, Wakil Ketua PKK Insya Sogalrey, Kadis Kesehatan Watty Gunawan dan Kadis Pendidikan Jusuf Apalem.

Dalam sambutannya Gonga mengatakan, dalam 30 tahun terakhir ini terjadi perubahan pola penyakit yang terkait dengan perilaku manusia.

"Di tahun 2010 penyebab terbesar kesakitan dan kematian adalah penyakit tidak menular yaitu tekanan darah tinggi, stroke, jantung, kanker, dan kencing manis. Penyakit-penyakit ini disebabkan oleh kurangnya aktivitas fisik, kurang konsumsi buah dan sayur, minuman alkohol, merokok, buang air sembarangan"katanya.

Oleh sebab itu menurut Bupati sejak tahun 2016 Pemerintah mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui penggerakan masyarakat yang tentunya melibatkan seluruh komponen bangsa dalam pelaksanaan Germas hidup sehat, sehingga berdampak pada terjaganya kesehatan, produktif, lingkungan bersih, serta biaya obat berkurang. 

img-1637980665.jpg

Bupati Johan Gonga menjelaskan, Germas Goes To School adalah bentuk edukasi kesehatan kepada masyarakat, yang dalam hal ini pada kegiatan kali ini, sasarannya adalah masyarakat pada kelurahan Siwalima yang adalah wilayah kerja Puskesmas Siwalima. 

"Dengan mengambil tema “Germas hidup sehat cegah Covid-19, Cegah stunting” yang berfokus pada asupan gizi seimbang, dan peningkatan aktifitas fisik.Anak - anak harus diedukasi sedini mungkin tentang pentingnya mencegah stunting, dengan asupan gizi yang seimbang, hingga pentingnya membawa bekal ke sekolah agar anakanak tidak kelaparan di sekolah, karena hal ini tentunya sangat berpengaruh terhadap semangat belajar anak di kelas, hingga kepada prestasi anak itu sendiri"tutur Bupati.

Pada masa pandemi ini, kata Bupati masyarakat sekolah harus berperan aktif dalam mendukung kebijakan pemerintah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan. 

Berpijak pada dasar pikir dan sasaran akhir maka, sudah tentu menjadi tanggungjawab kita bersama untuk memastikan anak-anak kita yang adalah generasi masa depan Aru memiliki prestasi yang gemilang dan dapat mengharumkan nama bangsa secara umum dan daerah Kabupaten Kepulauan Aru secara khusus"jelas Bupati.

Pada kegiatan tersebut diadakan 3 Perlombaan yakni lomba melukis,lomba TIK TOK,dan lomba Pidato dengan tema yang sama terkait pencegahan dan penanganan Covid-19.(Rangga)

Komentar

Belum Ada Komentar