Guspurla Koarmada III Laksanakan Serbuan Vaksin di Pulau Buru
Rabu, 08 September 2021
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Guspurla Koarmada III Laksanakan Serbuan Vaksin di Pulau Buru

Ambon, Pelita Maluku.com - Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada III kembali menggelar serbuan vaksin COVID-19 untuk kesekian kalinya. Kali ini, yang menjadi target adalah masyarakat maritim di Kabupaten Buru, tepatnya di Namlea , Provinsi Maluku, yang mendapat giliran serbuan vaksin oleh Guspurla Koarmada III, pada Rabu (08/09/2021). 

Kegiatan serbuan Vaksinasi ini bersamaan dengan pelaksanaan operasi pengamanan perairan perbatasan wilayah timur Indonesia, yang berlangsung sejak awal Agustus 2021, dengan menggunakan  kapal markas Guspurla Koarmada III, KRI Albakora-867. Disamping itu, kegiatan serbuan vaksin kali ini juga merupakan rangkaian peringatan HUT TNI AL yang ke-76.

Danguspurla Koarmada III, Laksamana Pertama TNI Retiono Kunto menjelaskan, kegiatan serbuan Vaksin merupakan tindak lanjut dari perintah Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Yudo Margono, untuk mendukung percepatan program vaksinasi di seluruh Indonesia,  terutama bagi masyarakat maritim yang berada di Pulau-Pulau terpencil  dan terluar di wilayah Indonesia Timur yang masuk dalam wilayah kerja/operasi Guspurla Koarmada III. Percepatan dimaksudkan agar semakin banyak masyarakat yang menjalani vaksinasi secara gratis dan mudah. 

Disamping itu, pelaksanaan vaksin di Pulau Buru merupakan manifestasi dari tugas pokok Guspurla Koarmada III, khususnya dalam hal pengamanan Pulau-Pulau di wilayah terpencil dan terdepan. Wilayah pulau terpencil merupakan daerah yang penting, karena akses komunikasi yang terbatas, sehingga langkah ini dilakukan untuk mempercepat program tersebut.  Olehnya itu lanjut Danguspurla Koarmada III, ke depan Guspurla Koarmada III akan berkomitmen untuk melanjutkan program serbuan vaksin tersebut.

Dari pelaksanaan vaksinasi ini, sebanyak 325 vaksin Sinovac diserahkan Danguspurla Koarmada III kepada tenaga kesehatan Pemerintah Kabupaten Pulau Buru untuk disuntikkan. Ratusan warga sekitar juga tampak bersemangat dan antusias mengikuti vaksinasi Covid-19 yang digelar di Aula Gedung Kantor Bupati Buru itu. 

Tercatat Jumlah pendaftar sebanyak 264 orang, Hadir 193 Orang, tervaksin 168 Orang dan tidak tervaksin 25 Orang dengan perimbangan kondisi kesehatan. 

Sementara itu Bupati Buru, Ramly I. Umasugi, dalam kesempatan tersebut  menyampaikan, apresiasi yang setinggi-tingginya kepada TNI AL dalam hal ini Guspurla Koarmada III yang telah berkenan hadir di Namlea dalam rangka melaksanakan kegiatan sosial serbuan vaksin. Langkah yang dilakukan TNI AL tersebut ibarat sebuah orkestrasi multihelix dalam upaya melanjutkan peradaban dan menyelamatkan generasi bangsa (Ais)


Komentar

Belum Ada Komentar