Pengurus Mapida, Kwarda dan LPK Gerakan Pramuka Maluku Resmi Dilantik
Sabtu, 25 September 2021
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Pengurus Mapida, Kwarda dan LPK Gerakan Pramuka Maluku Resmi Dilantik

Ambon, Pelita Maluku.com - Pengurus Majelis Pembimbing Daerah (Mapida), Kwartir Daerah (Kwarda) dan Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Gerakan Pramuka Maluku masa bakti 2020-2025, resmi dilantik. Pelantikan tersebut dilakukan oleh Kepala Kwartir Nasional (Ka Kwarnas) Kak Budi Waseso

Pelantikan yang berlangsung di gedung Islamic Center, pada Sabtu, (25/9/2021), berdasarkan SK Kwarnas Nomor. 120 Tahun 2021.

Sementara itu, Ketua Mapida yang juga menjabat sebagai Gubernur Maluku Murad Ismail usai dilantik Ka Kwarnas, melantik Kwarda Maluku berdasarkan SK Kwarnas Nomor 121 Tahun 2021 dan melantik LPK sesuai SK Kwarnas Nomor 122 Tahun 2021.

Ketua Mapida Murad Ismail dalam sambutannya usai dilantik mengatakan, pelantikan tersebut  merupakan manifestasi dari AD dan ART gerakan pramuka dalam melegitimasi kepengurusan secara Deyure dan Defacto untuk mengawali tugas, tanggungjawab dan fungsi dalam mewujudkan visi dan misi gerakan pramuka, sesuai rencana strategis Kwarda Maluku, masa bakti 2020-2025.

"Olehnya itu, pelantikan yang baru saja kita laksanakan ini merupakan implementasi rencana strategis Kwarnas gerakan pramuka, yang dikenal dengan istilah Dasa Karya Pramuka yang dampaknya bermuara pada revitalisasi kebijakan gerakan pramuka, pada tataran nasional," katanya.

Pada kesempatan itu pula, Murad Ismail menyampaikan beberapa hal penting, antara lain : Pertama, menjadikan gerakan pramuka sebagai rumah bersama sebagai wujud implementasi UU Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

Kedua,  menumbuhkan semangat kepedulian yang selaras dengan Satya-ku Ku-darmakan dan Darma-ku Ku-baktikan. 

Ketiga, meningkatkan kerjasama dan kepekaan terutama di masa pendemi ini dalam mendukung beberapa proyek strategis nasional, yakni New Ambon Port, Lumbung Ikan Nasional dan Blok Masela.

"Keempat, laju pembangunan pasti melahirkan ironi baru hingga dibutuhkan kerjasama untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Dan kelima, banyak kepercayaan pemerintah pusat yang diberikan untuk Maluku. Itu  membuktikan kalau Maluku, kian maju dan berkembang," ujar Murad.

Ketua Mapida pun optimis, seluruh pengurus Mapida, Kwarda dan LPK  dapat mengemban tugas dan tanggung-jawab secara baik, terutama dalam membantu pemerintah daerah, serta masyarakat Maluku.

"Kepada Bupati/Walikota selaku pemangku kepentingan terkait gerakan pramuka, saya berharap, agar turut memperhatikan pembinaan generasi muda Maluku melalui gerakan pramuka kita. Sebab Kwarda yang hebat, ditentukan Kwarcab yang tangguh. Demikian juga Kwarnas yang tangguh, ditentukan Kwarda yang hebat," pungkas Murad.

Di tempat yang sama, Ka Kwarnas Budi Waseso berharap dengan dilantiknya pengurus yang dilengkapi LPK Kwarda, masa depan pramuka di Maluku dapat lebih maju dan berkembang. Ia memastikan, permasalahan Pramuka dapat diselesaikan secara baik, dikarenakan memiliki pembina seorang pemimpin daerah (Gubernur Maluku).

"Saya berharap dengan pengurus yang lengkap ini, kegiatan kepramukaan di Maluku dapat lebih berkembang," harap Waseso.

Untuk diketahui, usai prosesi pelantikan, Ka Kwarnas Budi Waseso menyerahkan Alat Pelindung Diri dan Program Apresiasi kepada Kwarda Gerakan Pramuka Maluku dan Piagam Ucapan Terima Kasih kepada Relawan Covid-19. Dan juga penyerahan Alat Pelindung Diri dan Piagam Apresiasi kepada Kwarda Gerakan Pramuka Maluku Piagam Ucapan Terima Kasih kepada Relawan Covid-19. (PM.007).

 

Komentar

Belum Ada Komentar