ARTIKEL POPULER

Sekda KKT Hadiri Rapat Anggota dan Pengukuhan Pengurus DWP Kabupaten Kepulauan Tanimbar

Sekda KKT Hadiri Rapat Anggota dan Pengukuhan Pengurus DWP Kabupaten Kepulauan Tanimbar

Saumlaki, Pelita Maluku.com - Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Drs. Ruben B. Moriolkossu, MM., didampingi para Staf Ahli Bupati, Asisten dan Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Kepulauan Tanimbar menghadiri sekaligus membuka dengan resmi pelaksanaan Rapat Anggota dan Pengukuhan Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Kepulauan Tanimbar 

Pelantikan tersebut dibawah sorotan tema: "Optimalisasi Kinerja DWP Sebagai Mitra Strategis Pemerintah untuk Suksesnya Pembangunan Nasional", yang berlangsung di Gedung Kesenian - Kota Saumlaki.

img-1656040798.jpg

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Ny. Renny I. Moriolkossu/M, para ketua organisasi perempuan diantaranya: Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini, Ketua Jalasenastri Cabang 3, Ketua Bhayangkari Cabang Kepulauan Tanimbar, Ketua Persit Yonif 734/SNS, Ketua Anak Ranting IKKT Pragati Wira Anggini 005 Satrad 245 Saumlaki, Wakil ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XXX 1507/Saumlaki, Perwakilan Pengurus PKK Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Perwakilan Pengurus WKRI Cabang Saumlaki. Pula hadir tokoh agama, para camat se-kabupaten Kepulauan Tanimbar dan para peserta yang berasal dari anggota DWP di lingkup Pemkab Kepulauan Tanimbar.

Ketua DWP Kabupaten Kepulauan Tanimbar dalam sambutannya mengucapkan, selamat kepada Ketua dan Pengurus Dharma Wanita Persatuan se-kabupaten Kepulauan Tanimbar yang pada hari ini telah dikukuhkan. Dengan adanya peran aktif dan keikutsertaan yang baik dapat mendukung peningkatkan program kerja Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

img-1656040814.jpg

Kegiatan pengukuhan dan rapat anggota DWP se-kabupaten Kepulauan Tanimbar terlaksana pada tahun ke-3 masa bhakti 2019-2024, dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya anggota PNS untuk mencapai kesejahteraan keluarga dan masyarakat sebagai tujuan bersama.

Dharma Wanita Persatuan (DWP) memilliki tugas pokok antara lain: membina anggota, memperkukuh rasa persatuan dan kesatuan, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, menjalin hubung kerjasama dengan berbagai pihak serta mampu meningkatkan kepedulian sosial dan pelatihan pembinaan mental dan spiritual anggota agar menjadi manusia yang bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berkepribadian serta berbudi pekerti luhur.

img-1656040826.jpg

Pula disampaikan bahwa di era yang terbatas saat ini, dihimbau kepada para pengurus dan anggota DWP agar tetap berperan aktif dalam mendukung dan mensukseskan berbagai program kerja diantaranya pengembangan aneka ragam konsumsi pangan, peningkatan koordinasi dan kerjasama dalam rangka sinergitas program kerja, meningkatkan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan dan pengembangan UMKM di lingkungan Dharma Wanita Persatuan.

Ketua DWP Kabupaten Kepulauan Tanimbar mengakhiri sambutannya dengan mengucapkan selamat bekerja dan peran aktif kepada unit-unit kerja DWP Kabupaten Kepulauan Tanimbar sebagai mitra kerja dalam pelaksanaan program-program pemerintah dengan menghasilkan program kerja yang inovatif dan melayani. "Mari kita satukan hati, bekerja ikhlas untuk membangun Tanimbar".

img-1656040845.jpg

Selanjutnya, Sambutan Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar yang disampaikan Sekretaris Daerah menyampaikan bahwa dalam upaya peningkatan kesejahteraan melalui pemberdayaan kaum wanita melalui organisasi seperti Dharma Wanita Persatuan atau organisasi perempuan lainnya. Kaum wanita sejatinya memiliki andil besar bagi terciptanya kesejahteraan masyarakat pada suatu daerah. 

Faktanya, peran kaum wanita sudah semakin sentral, bahkan dalam sektor publik banyak wanita yang menduduki jabatan publik dan tentunya membutuhkan komitmen yang besar terhadap pelaksanaan tugasnya. Disisi lain kaum wanita dituntut untuk tetap memperhatikan tugas sebagai istri dan ibu dalam mengurus keluarga di rumah. 

Hal tersebut membutuhkan kearifan dari seorang wanita agar secara bijak dapat membagi waktu dalam menjalankan tugas ganda tersebut, sehingga tidak berdampak pada terganggunya tugas publik maupun tugas dan tanggung jawab lainnya. 

Lebih lanjut disampaikan bahwa dharma wanita sebagai wadah bagi para istri ASN untuk belajar menepah diri secara bersama-sama dalam mewujudkan tujuan utama dari Dharma Wanita Persatuan.

Selaku penasihat Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Kepulauan Tanimbar beliau menghimbau kepada para pimpinan OPD dalam lingkup Pemkab Kepulauan Tanimbar yang juga peran sebagai penasihat DWP di unit kerja masing-masing untuk dapat menunjang dan mendukung para istri yang tergabung dalam DWP unit masing-masing dalam pelaksanaan tugas baik itu sebagai ketua maupun badan pengurus DWP. 

Dalam pelaksanaan tugas ganda baik sebagai ibu rumah tangga maupun tugas dan tanggung jawab lainnya sebagai ASN, politisi, tokoh agama dan berbagai profesi lainnya. Tentu membutuhkan komitmen bersama antara suami-istri untuk saling menunjang, karena berbicara wanita dalam organisasi sudah tentu tidak lepas dari dukungan penuh suami sebagai kepala keluarga.

Beliau pula berpesan kepada seluruh pengurus dan anggota DWP yang hadiri dalam kesempatan tersebut untuk jangan menimbulkan kerenggangan dengan adanya ego pribadi, tetapi harus ada rasa saling menghargai diantara pengurus dan anggota DWP. Dengan berbagai profesi yang digelutinya, para pengurus DWP kabupaten maupun unit kerja yang telah dikukuhkan, diminta untuk dengan hati yang tulus menjalankan tugas dan tanggun jawab yang diemban DWP se-kabupaten Kepulauan di sebagai mitra pemerintah daerah untuk kemajuan daerah.

Selanjutnya, DWP sebagai mitra pemerintah daerah membutuhkan adanya komunikasi, koordinasi dan kolaborasi terkait program kerja yang bersinergi dengan pemerintah daerah guna mencapai pembangunan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang lebih baik di masa depan. Untuk itu beliau meminta semua pihak untuk mendukung DWP, agar tugas ganda yang diembannya dapat terlaksana dengan baik tanpa dihalangi dengan alasan tertentu.

Beliau juga menyampaikan pesan dari Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar Kepada Ketua dan anggota DWP se-kabupaten Kepulauan Tanimbar, untuk dapat mengikuti setiap proses dari rapat tersebut dengan baik.

Walaupun tidak berkesempatan hadir namun Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar mendukung pelaksanaan kegiatan dimaksud dan meminta agar para peserta dapat menyelesaikan rapat kerja ini dengan baik dan setelah kegiatan selesai diharapkan untuk segera melapor kepada Penjabat Bupati Kepulauan selaku Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Sekretaris Daerah mengakhiri sambutan tersebut dengan berpesan kepada para peserta "Jadilah wanita yang berguna bagi keluarga, bagi Tanimbar, bagi bangsa dan negara serta bagi kemuliaan Tuhan di daerah ini" 

"Jadilah perempuan-perempuan Tanimbar yang tangguh untuk Tanimbar kedepan lebih baik. (Gilang)


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

SEPUTAR DAERAH

PESERTA MUSDA UNIO KEUSKUPAN AMBOINA ASAL KOTA TUAL DAN MALRA TIBA DI KOTA DOBO Dobo, Pelita Malu...

Berita

REKONSILIASI DPRD KKT SELESAI DENGAN CARA ADAT DUAN DAN LOLAT Saumlaki, Pelita Maluku.com - Mosi ti...

Berita

GUBERNUR MALUKU DUKUNG MUSPROV INKINDO MALUKU Ambon, Pelita Maluku. com - Pemerintah Provinsi Maluk...

Berita

Bupati Gonga Dukung dan Apresiasi Pelaksanaan Musda Ke-IV Unio di Aru Dobo, Pelita Maluku.com - B...

Berita

2 Perangkat Desa Alusi Batjasi Diduga Tutupi Kasus Asusila Anak Di Bawah Umur Saumlaki, Pelita Malu...

Berita

GUBERNUR HIMBAU WARGA MALUKU GUNAKAN PRODUK UMKM LOKAL Ambon, Pelita Maluku.com - Pemerintah Provin...

Berita

Menarik ...

Muhammad jihad achmad

DAPATKAN BERITA SEPUTAR MALUKU DAN SEKITARNYA HANYA DI PELITA MALUKU.COM ...

INFORMASI
Kategori