GUBERNUR MALUKU SIAP TERIMA SATYALENCANA WIRAKARYA PEMBANGUNAN BIDANG PERTANIAN DARI PRESIDEN RI
Rabu, 07 Juni 2023
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

GUBERNUR MALUKU SIAP TERIMA SATYALENCANA WIRAKARYA PEMBANGUNAN BIDANG PERTANIAN DARI PRESIDEN RI

Ambon, Pelita Maluku.com – Ketua Tim Gubernur Percepatan Provinsi Maluku Hadi Basalamah dan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku Ilham Tauda, mengungkapkan, bahwa Gubernur Maluku Irjen. Pol. (Purn.) Drs. Murad Ismail akan menerima Penghargaan Satyalencana Wirakarya Pembangunan Bidang Pertanian dari Presiden RI, dalam Pelaksanaan Pertemuan Nasional Petani Nelayan XVI yang akan dilaksanakan pada 10 Juni 2023, di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Hal tersebut disampaikan keduanya pada Rabu (7/6/2023), di Ruang Rapat Ketua TGPP Lantai 5 Kantor Gubernur Maluku.

Diakui Basalamah, indikator kinerja dari sektor pertanian selama ini menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi di Provinsi Maluku.

“Atas kerja keras dan arahan Gubernur Maluku selama ini, Insha Allah Pemerintah Provinsi Maluku dalam hal ini Bapak Gubernur, akan menerima penghargaan dari presiden di bidang pertanian pada 10 Juni 2022, dalam agenda Pertemuan Nasional Petani Nelayan XVI, yang mana penghargaan ini diberikan oleh Pemerintah Pusat, melalui penilaian dan proses verifikasi yang cukup Panjang pada berbagai indikator kemajuan yang menjadi poin penting, sehingga penghargaan ini bisa didapatkan.” Ujarnya.

Untuk itu Basalamah, atas nama Gubernur memberikan apresiasi kepada Sekretaris Daerah Maluku, Pimpinan OPD, Tokoh Masyarakat, petani yang ada di Maluku, dan juga atas lompatan kinerja yang cukup signifikasi dari Dinas Pertanian Provinsi Maluku, sehingga bisa mendapat penghargaan ini, semoga penghargaan ini lanjut Basalamah, bisa menjadi pemicu bagi semua OPD, agar bekerja lebih profesional dan berdampak sistemik kepada masyarakat, utamanya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di Provinsi Maluku.

“Pak gubernur juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dan seluruh jajaran, sehingga bisa mendapat prioritas utama dalam mendorong sektor pertanian di Provinsi Maluku, yang mendapat alat mesin pertanian dengan jumlah yang cukup banyak dan akan disebarluaskan di seluruh kabupaten/kota untuk memperkuat produksi dan produktifitas pertanian yang lebih tangguh.” Ujar Ketua TGPP.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku Ilham Tauda menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Maluku, Sekretaris Daerah Maluku, Ketua TGPP, dan dengan arahan Ketua TP-PKK kepada Dinas Pertanian selama ini dalam bekerjasama dan berkolaborasi dengan semua pihak.

“Kita juga bersyukur bahwa Pemerintah Provinsi Maluku dalam hal ini Gubernur atas kebijakannya, akan memperoleh gelar tanda jasa kehormatan oleh Presiden pada pelaksanaan pertemuan di padang 10 Juni nanti.” Tambahnya.

Menurutnya, ada beberapa terobosan yang dilakukan oleh Gubernur Maluku dan diberikan kewenangan kepada Dinas Pertanian dan beberapa opd lainnya, untuk melaksanakan yang pertama berkaitan dengan upaya stabilisasi harga, melalui Gerakan tanam cabai dan bawang merah untuk pengendalian inflasi pangan di Provinsi Maluku, dimana kegiatan ini memberikan dampak yang sangat signifikan.

Berdasarkan arahan Gubernur sehubungan ketahanan pangan daerah, ungkap Tauda akan dilestarikan dan dikembangkan pangan lokal lebih khusus sukun, dan terutama sukun varietas Tengah-Tengah dan sukun varietas Latuhalat. Untuk varietas Tengah-Tengah pada Januari 2023 telah terdaftar secara resmi oleh Kementerian Pertanian dan pada tanggal 14 Maret 2023, Gubernur Maluku melakukan Gerakan tanam sukun di Provinsi Maluku yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Kabupaten/Kota. (PM.007)

Komentar

Belum Ada Komentar