Gubernur Minta 15 Dokter Lulusan Unpatti Mengabdi di Maluku
Kamis, 09 Februari 2023
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Gubernur Minta 15 Dokter Lulusan Unpatti Mengabdi di Maluku

Ambon, Pelita Maluku.com - Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon mengambil Sumpah dan melantik 15 Dokter Baru, di lantai II Ruang Teater Fakultas setempat, Kamis,(9/2/2023). 

Ke-15 dokter ini diambil sumpah dan dilantik oleh Dekan Fakultas Kedokteran Unpatti Ambon, Dr. Bertha Jeanque, Sps. M.kes.

Pengambilan Sumpah dan Pelantikan dihadiri Sekda Maluku Sadali Ie, Rektor Unpatti Ambon M. J. Saptenno dan seluruh Civitas Akademika Unpatti Ambon. 

Dengan dilantik ke 15 dokter ini, maka jumlah dokter yang telah di telorkan Fakultas Kedokteran Unpatti Ambon bertambah menjadi 350 dokter.

Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Sadali Ie meminta, kepada para dokter baru diambil. sumpah dan dilantik kiranya dapat mengabdikan dirinya di wilayah Maluku. 

"Kehadiran saudara-saudara sangat dinantikan masyarakat terutama di daerah terpencil dan perbatasan, karena akan membawa angin segar bagi peningkatan kualitas kesehatan di daerah ini. Keberhasilan saudara-saudara merupakan keberhasilan kita semua sebagai wujud berkomitmen untuk meningkatkan kualitas SDM di Maluku," pinta Gubernur

Di akui Gubernur, tantangan membangun bidang kesehatan di Provinsi Maluku sangatlah kompleks. Hal ini akibat dari terbatasnya akses transportasi, informasi dan komunikasi antar wilayah yang membuat banyak dokter yang enggan mengabadikan dirinya di Provinsi Maluku.

Menurutnya, gelar dokter yang di sandang, bukan berarti proses pendidikan telah selesai, karena proses belajar sesungguhnya baru dimulai dalam praktek nyata di kehidupan kemasyarakatan. 

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran Unpatti Ambon, Dr. Bertha Jeanque, Sps. M.kes mengungkapkan, sebagai pimpinan Fakultas Kedokteran Unpatti Ambon, ia selalu memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk tidak hanya berfikir tentang diri sendiri. 

Sebagai informasi, 15 dokter baru ini merupakan dokter dari fakultas kedokteran Unpatti yang telah menjalani tahap pre-klinik dan profesi dokter selama kurang lebih enam tahun. 

Tahap kepaniteraan klinik telah berlangsung di rumah sakit dan Puskesmas di wilayah provinsi Maluku yaitu RSUD Dr. M. Haulussy, RSKD Ambon, RS. AL Latumetten, RS. Bhayangkara, RS. Izaac Umarella, RS. Al-Fatah, RS. Sumber Hidup, KKP Ambon, Dinkes Provmal, Basarnas, Klinik Dokter Keluarga beberapa puskesmas di wilayah pelayanan Dinkes Kota Ambon. 

Untuk rumah sakit dan rumah sakit pendidikan di luar Ambon, para dokter baru ini telah menempuh kepaniteraan klinik di RSP FK Universitas Hasanuddin dan RSUD Dr Soetomo, Surabaya.

Setelah menyelesaikan kepaniteraan terakhir, mereka telah mengikuti Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) yang dilakukan secara nasional sebagai exit exam dalam menentukan kelulusan dan kompetensi mereka untuk memperoleh gelar dokter.

Dari lulusan dokter sebelumnya sebagian besar telah menyelesaikan program internship. Dari yang telah menyelesaikan program internship, ada yang telah melanjutkan pendidikan ke tingkat spesialis, magister, bekerja menjadi PNS maupun dokter kontrak di berbagai lokasi di Provinsi Maluku. Ada juga yang telah menjadi staf pendidik di Fakultas Kedokteran Unpatti Ambon. (PM.007).





Komentar

Belum Ada Komentar