Fatlolon dan Istri Berbagi Kasih di Bulan Ramadhan
Selasa, 18 April 2023
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Fatlolon dan Istri Berbagi Kasih di Bulan Ramadhan

Saumlaki, Pelita Maluku.com - Mantan Bupati Kepulauan Tanimbar periode 2017-2022, Petrus Fatlolon dan bersama istrinya Joice Penturi/Fatlolon memboyong sejumlah kerabatnya menyambangi Masjid Baiturrahman Saumlaki di kompleks Bukit Duri Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, Senin petang (17/4/2023).

Kedatangan Fatlolon dan isterinya bersama tim disambut oleh pengurus masjid Baiturrahman dan sejumlah tokoh Muslim serta puluhan jama'ah yang berekonomi lemah.

Setelah berbuka puasa bersama, Fatlolon dan isterinya memberikan santunan berupa sembako dan sejumlah uang untuk setiap penerima. 

Para penerima itu terdiri dari gabungan umat muslim dari sejumlah masjid di Kota Saumlaki yang berekonomi lemah, para janda dan duda serta yatim-piatu, serta pengurus masjid.

"Pada kesempatan ini kami sedikit berbagi kasih pada bulan suci Ramadan kepada ibu bapak basudara dan anak-anak yang membutuhkan" kata Fatlolon.

Fatlolon berharap, bantuan itu dapat diterima dan kiranya bermanfaat membantu meringankan beban ekonomi rumah tangga.

Senada dengan Fatlolon, isterinya, Ny. Joice mengaku, bahagia karena bisa berbagi kasih dengan umat muslim di bulan suci Ramadhan.

"Kami merasakan suka cita karena tadi boleh buka puasa bersama dan sebagai tanda suka cita kami juga memberikan sedikit tanda kasih untuk menambah suka cita di bulan suci Ramadhan " katanya.

Fatlolon bersama isterinya mengaku, akan melanjutkan Safari Ramadhan ke sejumlah Desa dan Kota di Tanimbar untuk berbuka puasa bersama dan memberikan santunan kasih. 

Sementara itu Tokoh Muslim di Tanimbar, Haji Tamsil Herman menyambut baik pemberian santunan oleh Fatlolon dan keluarga. 

Menurutnya, ada 45 penerima santunan yang menerima bingkisan Ramadhan dari Fatlolon dan keluarga. 

Bagi dia, bukan soal jumlah penerima dan nominal santunan yang diberikan kepada para penerima, namun ketulusan dan kepedulian terhadap sesama yang sangat membutuhkan.


Sosok Fatlolon Bagi Umat Muslim


Pada kesempatan itu pula Haji Tamsil Herman menyatakan, Petrus Fatlolon adalah sosok pribadi yang patut diteladani. Apalagi selama kepemimpinannya, Fatlolon telah melakukan berbagai perubahan di sejumlah bidang.

Dalam konteks toleransi antar umat beragama, Fatlolon berhasil menggelar acara Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XXIX tingkat Provinsi Maluku tahun 2022 yang berlangsung sukses di Kota Saumlaki. Hal ini tentunya wujud nyata dari toleransi beragama di Maluku dan di Indonesia.

MTQ XXIX Maluku di Tanimbar jelas Haji Tamsil, sangat unik karena terlaksana di daerah yang mayoritas penduduknya beragama non-Muslim atau hanya 4 persen penduduk yang beragama Islam. 

Selain itu, umat lintas agama di daerah ini bersama pemerintah daerah terlibat langsung sebagai panitia pelaksana, dimana wakil Uskup setempat bertindak sebagai ketua panitia pelaksana dan pendeta Gereja Protestan Maluku Klasis Tanimbar Selatan bertindak sebagai ketua harian.

Olehnya itu, momentum ini patut dijadikan contoh dalam merajut toleransi hidup beragama dan persaudaraan sejati.

Selain itu, Fatlolon dan keluarga juga sangat dekat dengan umat Islam di Tanimbar. Karena kecintaannya itu, Haji Tamsil menilai, Fatlolon layak untuk menahkodai daerah bertajuk "negeri Duan -Lolat" periode mendatang. 

"Kami umat Islam mendoakan pak Petrus Fatlolon untuk kembali memimpin kabupaten Kepulauan Tanimbar ini karena ketulusan beliau membangun daerah dan pribadinya yang luar biasa," katanya. (Gilang)

Komentar

Belum Ada Komentar