Kapolda Maluku Lantik 177 Bintara
Rabu, 21 Desember 2022
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Kapolda Maluku Lantik 177 Bintara

Ambon, Pelita Maluku.com - Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol. Lotharia Latif, melantik sebanyak 177 Bintara Polda Maluku. Prosesi pelantikan tersebut berlangsung di Lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Kota Ambon, Rabu (21/12/2022).

Ratusan siswa itu dilantik, setelah di nyatakan lulus pada Pendidikan dan Pembentukan Bintara (Diktuba) Polri. Usai Pelantikan tersebut, juga dirangkaikan dengan acara penutupan Diktuba Polri Gelombang II Tahun 2022.

Kapolda Maluku selaku Inspektur Upacara, dalam amanatnya menyampaikan, terima kasih kepada Pangdam XVI/Pattimura, karena telah menghadirkan siswa Dikmaba TNI Angkatan Darat.

"Kemarin kita bersama-sama (siswa Diktuba Polri dan Dikmaba TNI AD) telah melaksanakan kegiatan integrasi dalam rangka soliditas dan sinergitas TNI Polri," ujar Kapolda.

Ia mengakui pelantikan Bintara Polri Gelombang II Tahun 2022 ini merupakan momentum bersejarah. Karena baru kali pertama kali dan pelantikan juga dihadiri Secaba dari TNI AD.

"Nanti tidak lama lagi dari Dikmaba TNI AD dalam waktu yang tidak lama juga akan dilantik dan saya perintahkan agar para Bintara Polri yang saat ini berdiri di depan saya, sebagai saudara asuh mereka nanti juga akan menghadiri upacara pelantikan Dikmaba TNI AD," kata Kapolda.

Pelantikan ini pun lanjut Kapolda, bukanlah akhir dari segalanya, tetapi awal langkah para Bintara Remaja untuk melakukan tugas selaku pelayan dan pelindung masyarakat.

"Hari ini justru ujian yang sebenarnya. Kemarin di lembaga pendidikan itu hanyalah pemberian skill, pemberian teori-teori, tetapi mulai hari ini dan selanjutnya kalian terjun langsung di tengah masyarakat," ujarnya.

Ia berharap kepada para Bintara Remaja agar menjadi petarung-petarung yang handal dalam mencegah kejahatan di tengah masyarakat. 

Para Bintara juga di minta untuk melindungi dan mengayomi masyarakat.

"Kalian harus menjadi polisi-polisi yang protagonis yang dicari dan dicintai oleh masyarakat. Jangan menjadi polisi-polisi antagonis dan justru kehadiran kalian dibenci dan meresahkan masyarakat," ucapnya. (Onsal)

Komentar

Belum Ada Komentar