PEMPROV DUKUNG PENUH KONTINGEN PESPARANI MALUKU DI JAKARTA
Senin, 23 Oktober 2023
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

PEMPROV DUKUNG PENUH KONTINGEN PESPARANI MALUKU DI JAKARTA

Ambon,– Pemerintah Provinsi Maluku memberikan dukungan penuh serta apresiasi yang tinggi bagi kontingen Pesta Paduan Suara Gerejani (PESPARANI) Katolik asal Provinsi Maluku, yang akan berlagak pada PESPARANI ke III tingkat Nasional di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, pada 28 Oktober sampai 01 November 2023 mendatang. Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Maluku Sadali Ie, saat menyampaikan sambutan Gubernur Maluku, pada acara pelepasan kontingen Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik Provinsi Maluku menuju PESPARANI tingkat Nasional ke-III Tahun 2023 di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, tepatnya di Wisma Gonzalo Veloso, Senin (23/10/2023).

Dukungan penuh Pemprov Maluku dengan harapan, prestasi yang pernah capai pada PESPARANI Nasional ke II di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur sebagai juara umum dapat dipertahankan kembali.  Apalagi lanjut Sekda, Istri orang nomor satu di Maluku telah menyatakan kesediaannya untuk menjadi Ketua kontingen Maluku pada PESPARANI Nasional ke-III.


img-1698072404.jpg


Olehnya pada kesempatan itu, Sekda meminta, peserta selama masa karantina dapat menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya hingga pelaksanaan PESPARANI nanti, peserta di harapkan dapat menjaga kesehatan lewat makan - minum dan istirahat yang teratur, serta mengikuti arahan yang disampaikan oleh pelatih, dan tak kala pentingnya Sekda juga meminta, peserta untuk mengembangkan semangat dan sportifitas yang tinggi dalam kebersamaan baik antar peserta maupun dengan peserta dari provinsi lain. 

Sebelum mengakhiri sambutannya, Sadli menyampaikan pantun Gubernur maluku yang berbunyi, mengente Ambon naik sepeda, jangan lupa singgah di Tugu Trikora, dari Ambon dengan satu langkah, sampai di Jakarta pasti jadi juara.   

Sementara itu Ketua LP3KD Maluku, Pastor Agus Arbol dalam laporannya menyampaikan, kontingen PESPARANI yang akan berlomba di Jakarta merupakan hasil seleksi yang di bagi dalam 3 zona yakni pertama meliputi Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Seram Bagian Barat, dengan mata lomba Paduan Suara Anak, Paduan Suara Orang Muda Katolik (OMK) Campuran dan Paduan Suara Gregorian Dewasa Pria.

Zona yang kedua meliputi, Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual, dengan mata lomba Paduan Suara Gregorian Remaja dan Paduan Suara Dewasa Campuran. Serta Zona yang ketiga, meliputi Kabupaten Kepulauan Tanimbar, dengan mata lomba Paduan Suara Dewasa Wanita.

Sedangkan Seleksi mata lomba perorangan yang terdiri dari menyanyi Mazmur Kategori Anak, Remaja, OMK, Dewasa, Cerdas Cermat Rohani dan Remaja serta bertutur Kitab Suci telah dilaksanakan di Kota Ambon sejak 13-14 Oktober 2023 kemarin.


img-1698072459.jpg


Menurut Arbol, sebelum mengikuti lomba PESPARANI Nasional ke-III di Jakarta, kontingen Maluku telah mengikuti pemusatan latihan sejak 16 Oktober 2023 di Wisma Gonzalo Veloso, Karang Panjang Ambon dan di dampingi oleh para pelatih yang berkompeten. 

Untuk itu Pastor Arbol sebagai pemimpin LP3KD Maluku menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada Pemerintah provinsi Maluku dan semua Pemerintah Kabupaten/Kota atas dukungan dan bantuan moril serta financial yang telah diberikan

Apresiasi yang sama juga disampaikan kepada Uskup Dfiosis Amboina Mgr. Seno Ngutra , para wakil Uskup serta para pastor, Pengurus LP3KD Kabupaten/Kota, para official, pelatih dan pendamping, yang dengan caranya masing-masing telah memberikan dukungan bagi terlaksananya kegiatan PESPARANI ke-III untuk kontingen Maluku.

Sebelum menutup laporannya Pastor Agus Arbol menyampaikan sebuah ungkapan yang berbunyi, memainkan musik dan menyanyikan lagu untuk memuji Tuhan dan menggerakan seluruh diri manusia, budi, hati , pikiran dan kehendak, untuk menciptakan harmoni yang indah dengan sesama.

Untuk di ketahui, kontingen PESPARANI Maluku meraih juara umum di Kota Kupang, dengan memperoleh 5 Champion yaitu, Menyanyi Mazmur OMK, bertutur Kitab Suci, Paduan Suara Gregorian Dewasa, Cerdas cermat Rohani Anak dan Verdas Vermat Rohani Remaja. Dan juga mendapat 8 Gold dan 1 Silver.   

Hadir dalam acara pelepasan kontingen Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik Provinsi Maluku, Sekretaris Daerah Maluku Sadali Ie, Pj. Walikota Ambon Bodewin Wattimena, Sejumlah SKPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku dan Pemerintah Kota Ambon, Tokoh Agama, dan Tokoh masyarakat.

 

 

 

Komentar

Belum Ada Komentar