SEKDA : OPD PENGELOLA RETRIBUSI DIHARAPKAN BERINOVASI DAN MEMBUAT GAGASAN BARU
Rabu, 30 Agustus 2023
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

SEKDA : OPD PENGELOLA RETRIBUSI DIHARAPKAN BERINOVASI DAN MEMBUAT GAGASAN BARU

Ambon, Pelita Maluku.com  – Sekretaris Daerah Maluku Ir. Sadali IE, M.Si, IPU, hadiri Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pendapatan Asli Daerah Semester I Pemerintah Provinsi Maluku Tahun Anggaran 2023, bertempat di Kantor Badan Pendapatan Asli Daerah, pada Rabu (30/08/2023).

Hadir juga pada kesempatan itu Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Maluku Dr. Djalaludin Salampessy, OPD Pemungut Retribusi lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Pimpinan BUMD, dan peserta rakor.

Sekda pada kesempatan itu menjelaskan, berdasarkan data yang ada, target-target realisasi penerimaan Pendapatan Asli Daerah di bulan Juni 2023, yang bersumber dari pajak daerah telah mencapai 52,38%, retribusi mencapai 94,66%, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan telah terealisasi 183,30%, dan pendapatan bersumber dari lain-lain PAD yang sah berjumlah 24,39%.

“Realisasi ini sudah menunjukan hasil yang baik, tapi masih dikategorikan belum optimal, untuk itu diharapkan masing-masing pihak perlu memperbaiki pola pelayanan, agar apa yang menjadi target bisa dihasilkan secara maksimal.” Ujarnya.

Menurutnya,  pendapatan beberapa OPD telah menunjukan progress yang sangat baik, seperti Rumah Sakit Khusus Daerah telah mencapai target sebesar 156,45%, dan Bank Pembangunan Daerah Maluku dan Maluku sebesar 193,85%.

“Ini sebagai motivasi dan semangat bagi OPD lain, untuk menciptakan kinerja yang baik, pelayanan publik yang efektif dan efisien, sehingga berdampak pada peningkatan PAD” Ungkap sekda.

Olehnya Pemerintah Daerah memberikan penghargaan dan apresiasi terhadap kinerja yang telah dicapai dari OPD dan BUMD, dan diharapkan bisa menjadi motivasi dalam melakukan kerja-kerja maksimal, guna meningkatkan PAD yang dikelola, sehingga pembangunan daerah yang diharapkan bisa tercapai.

“Inilah yang bisa kita wujudkan untuk mendorong pembangunan di Provinsi Maluku, diharapkan setiap OPD bisa berinovasi membuat gagasan baru dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah, terutama dengan mengedepankan pelayanan yang maksimal.” Tutupnya.

Pada kesempatan itu juga diserahkan penghargaan kepada 5 OPD pengelola retribusi, atas kinerja optimal dalam memenuhi capaian target PAD dengan persentase tertinggi di atas 50%, dari yang ditetapkan pada semester 1 tahun anggaran 2023, dan penyerahan piagam penghargaan gubernur maluku kepada 2 bumd atas konsistensinya dalam mendorong pencapaian PAD.

Untuk diketahui 5 OPD tersebut adalah Rumah Sakit Khusus Daerah, UPTD Balai Diklat Pertanian, Dinas Perhubungan, Dinas Kelautan dan Perikanan, dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, sementara BUMD yakni Bank Maluku Malut dan Perum Panca Karya. (PM.007

Komentar

Belum Ada Komentar