Tim PRA-PON Panjat Tebing Maluku Tiba di Pinrang
Selasa, 12 November 2019
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Tim PRA-PON Panjat Tebing Maluku Tiba di Pinrang

Ambon, Pelita Maluku.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Maluku telah mengirimkan 16 atlitnya, untuk mengikuti kualifikasi Pekan Olahraga Nasional alias PRA-PON Papua 2020, yang dipusatkan di Veneu Panjat Tebing, Cora, Kabupaten Pinrang, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Ke-16 atlit ini terdiri dari 8 atlit putra dan 8 atlit putri serta didampingi dua orang manajer dan satu orang tim teknis.

"Insyaallah kegiatan ini dilaksanakan pada 14-20 November di Pinrang," ujar Asisten Pelatih PRA-PON Panjat Tebing Maluku, Fahmy Holle, Selasa (12/11/). 

Dia menyebutkan, Rabu (13/11) persiapan  Venue Wall Climbing Cora Pinrang sudah selesai dan sudah bisa dicoba. Begitu juga dengan undangan peserta PRA-PON sudah terlihat berdatangan dari daerah masing-masing. 

Menurutnya, kualifikasi yang digelar FPTI Sulsel ini untuk peserta yang berada di Zona III, yang meliputi, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara. Terdapat 13 Provinsi dalam zona ini.

"Zona I terdiri Sumatera dan Zona III, terdiri Jawa dan Bali. Hanya Papua sudah tidak memperebutkan kuota lagi, karena otomastis sudah punya kuota (sebagai) tuan rumah. Sedangkan kuota tiket PON Papua 2020 yang diperebutkan untuk Zona III sebanyak 30 tiket."tuturnya.

Dijelaskan Holle, ada 14 nomor pertandingan dari 4 disiplin, yakni Speed WR (Word Record), Lead, Boulder, dan Combine (Olympic Games). Sementara itu, target untuk kontingen Maluku berharap mendapat satu medali PRA-PON Pinrang untuk bisa mengikuti PON di Papua 2020 nanti, karena target kami hanya satu medali. Disebabkan tim Panjat Tebing Maluku minim sarana dan prasarana latihan.

Untuk itu, Holle berharap, kepada  Pemerintah Provinsi Maluku agar dapat memfasilitasi sarana latihan bagi Cabang Olahraga (Cabor) Baru seperti Panjat Tebing di Maluku, hingga dikemudian hari bisa bersaing dengan Provinsi lain di Indonesia, yang sudah menghasilkan atlit kelas dunia seperti Aries Susanti (Jateng), Aspar Jailolo (DKI Jakarta) dan lain-lain.

"Kami atas nama Pengurus FPTI Maluku juga sangat berterimakasih atas perhatian dari KONI Maluku, karena sudah memberikan support dana yang di berikan untuk keberangkatan atlit menuju Pinrang."tandasnya. (PM.007)

Komentar

Belum Ada Komentar