Widyaiswara Jadi Garda Terdepan Penyiapan ASN Unggul Di Era Digital Learning
Kamis, 07 Juli 2022
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Widyaiswara Jadi Garda Terdepan Penyiapan ASN Unggul Di Era Digital Learning

Ambon, Pelita Maluku.com - Ketua Umum DPP Asosiasi Profesi Widyaiswara Indonesia (APWI) Budiarso Teguh Widodo, melantik dan mengukuhkan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) APWI Provinsi Maluku periode 2021-2025. Pelantikan dilakukan secara virtual dipusatkan di Aula BPSDMP Provinsi Maluku, Kamis (7/7/2022).

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan No. KEP-063/DPP-APWI/VI/2022, tentang penetapan dan pengesahan susunan pengurus, Kasrul Selang terpilih untuk menjabat Ketua DPD APWI Maluku periode 2021-2025.

Gubernur Maluku dalam sambutannya yang disampaikan Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Nathaniel Orno berharap, sebagai guru bangsa, Widyaiswara dituntut menjadi garda terdepan dalam penyiapan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang unggul di era digital learning.

"Hal ini, tidak dapat dihindari karena perkembangan teknologi informasi yang dibarengi oleh revolusi industri 4.0 menghadapkan kita pada era (volatility, uncertainty, complexity, ambiguity) diitandai juga dengan transformasi besar-besaran dan penemuan inovasi baru," harap Gubernur.

Sebagai organisasi profesi yang menaungi setiap pejabat fungsional Widyaiswara, kata Gubernur, APWI harus mampu secara terstruktur untuk terus berkolaborasi menciptakan inovasi-inovasi baru dalam bidang pengembangan kompetensi ASN.

“Saya berharap kolaborasi tersebut dapat terus dilakukan, sehingga widyaiswara mampu mempersiapkan ASN memasuki era digital,’’ harap Gubernur.

Apalagi, sebut Gubernur, tantangan Widyaiswara ke depan semakin banyak dan kompleks. Oleh karena itu, semakin pula kita dituntut untuk mencari jawaban atas lingkungan yang berubah. 

"Saya yakin APWI Maluku bisa maju apabila setiap anggotanya memiliki fokus dan arah yang sama, sehingga, bisa bersama-sama melewati tantangan dengan baik dan menjadikan widyaiswara menjadi tokoh terdepan dalam mengawal perubahan demi kemajuan bangsa,” ujarnya.

Untuk itu, imbau Gubernur, widyaiswara harus memiliki kecepatan serta kemampuan adaptasi terhadap segala perubahan kondisi, salah satunya dengan kemajuan teknologi informasi, maka harus diikuti dengan kemampuan widyaiswara dalam menyajikan bahan ajar yang lebih variatif dan kreatif dengan pemanfaatan teknologi informasi tersebut.

“Akhirnya, stas nama Pemerintah Provinsi Maluku, saya menyambut dengan gembira sekaligus menyampaikan selamat kepada DPD APWI Maluku yang baru saja dilantik. Semoga amanah dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saudara-saudara sebagai pengurus yang baru, dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat membangun kompetensi yang lebih baik bagi pejabat fungsional widyaiswara yang tergabung di dalam organisasi profesi widyaiswara,”tandas Gubernur (PM.007)

Komentar

Belum Ada Komentar