Bimas Katolik Kemenag Maluku Bangun MoU Bersama Komsos Keuskupan Amboina
Sabtu, 30 Mei 2020
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Bimas Katolik Kemenag Maluku Bangun MoU Bersama Komsos Keuskupan Amboina

Ambon,Pelita Maluku.com – Bimbingan Masyarakat (Bimas) Katolik Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku, telah melakukan kerjasama dengan Komisi Sosial (Komsos) Keuskupan Amboina.

Kerjasama tersebut, dibuktikan dengan penandatangan MoU antara Pembimas Kanwil Kemenag Maluku Bernard Fanulene dengan Ketua Komsos Keuskupan Amboina RD. Patris Angwarmas, yang juga adalah Pst. Paroki Gereja Katedral Santo Fransiskus Xaverius Ambon, Jumat (29/05/2020) kemarin.

Tujuan kerjasama ini Menurut Fanulene, untuk memaksimalkan Media Sosial, sebagai media komunikasi baru dalam evanjilisasi dan media pewarta.

“saya sendiri dalam pasca pandemi Covid-19 ini mengikuti perkembangan, bahwa kita beribadah dan mendengar renungan maupun kotbah setiap minggu lewat video streaming, maka saya mengambil keputusan kalau suporting Bimas Katolik diarahkan ke Komsos keuskupan Amboina,” Ungkap Fanulene  

img-1590855383.jpg

Selain itu lanjut Fanulene, dorongan kerjasama ini juga muncul karena adanya keinginan Paus maupun para Uskup yang menekankan, para pastor dapat memanfaatkan media sosial sebagai media pewarta dalam menyampaikan pesan-pesan Kristus.

Olehnya itu Bimas Katolik, Kata Fanulene, memberikan dukungan penuh kepada Komsos Keuskupan Amboina, yang didalamnya terdapat umat yang memiliki keahlian  khusus, untuk berkontribusi dalam pemberitaan yang diarahkan pada Sistim Informasi Data Bimas Katolik (Simbakat)

“Kita bicara media sosial, tapi tidak semua orang bisa bermedia, kecuali orang-orang yang telah terlatih dan bagi saya orang terlatih adalah wartawan yang memiliki kelebihan khusus, sehingga saya meminta Ketua Komsos Keuskupan Amboina memanfaatkan wartawan katolik untuk berkontribusi, dalam pemberitaan yang nantinya diarahkan pada sistim informasi data Bimas Katolik (Simbakat),” pinta Fanulene.  

Dikesempatan yang sama Ketua Komsos Keuskupan Amboina Pst. Patris Angwarmas mengungkapkan, Kerjasama antara Komsos Keuskupan Amboina dengan Bimas Katolik Kemenag Provinsi Maluku, guna memanfaatkan media Elektronik, Cetak dan media Online, seperti dikatakan Paus, sebagai anugerah Tuhan yang diberikan kepada manusia terkhusus gereja, guna menjadi lapangan baru untuk berkatekese.

img-1590855420.jpg

“Olehnya itu lewat pembicaraan dengan Pembimas Katolik kemudian kita memanfaatkan dana penyuluh non PNS itu, untuk mengiatkan kembali apa yang diharapkan Pemerintah dari dana penyuluh itu, guna memberikan informasi dan Katekese kepada umat kita manfaatkan, mungkin selama ini sudah baik, tapi kita manfaatkan jauh lebih baik lagi dengan adanya orang-orang yang memiliki keahlian khusus yang berada di Komsos keuskupan Amboina untuk bekerjasa dengan Bimas  Katolik Maluku,” ungkap Angwarmas

Diharapkan lewat kerjasama ini, setiap minggunya ada informasi, baik dalam bentuk renungan maupun kegiatan-kegiatan gereja yang dapat memberikan dampak positif sebagai katekese bagi kehidupan umat katolik.

“Saya kira ini suatu kerjasama yang menurut hemat saya sangat positif dan berharap dapat membantu umat kita untuk saling berbagi informasi dalam membantu iman dari setiap kita layani dan berharap teman-teman komsos keuskupan amboina memanfaatkan moment tersebut untuk melayani, karena kita semua ini ketika dipermandikan telah mendapatkan tugas untuk perutusan untuk menjadi nabi, imam dan raja,” Ujar  Ketua Komsos Keuskupan Amboina (PM.007) 

Komentar

Belum Ada Komentar