Bupati Aru Resmikan Uji Fungsi dan Serah Terima Program Pamsimas di Desa Gorar
Kamis, 22 April 2021
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Bupati Aru Resmikan Uji Fungsi dan Serah Terima Program Pamsimas di Desa Gorar

Dobo, Pelita Maluku.com - Bupati Kepulauan Aru, dr Johan Gonga didampingi Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kepulauan Aru , M. Putnarubun, S. IPem dan Camat Pulau-pulau Aru, Roberthus Ngebursian menghadiri acara Uji Fungsi dan Serah Terima Program Pamsimas di Desa Gorar. 

Kegiatan tersebut berlangsung di Desa Gorar, Kecamatan Pulau-pulau Aru, Kabupaten Kepulauan Aru Selasa, 20/4/2021.

Kepala Desa Gorar, Jusuf Djutay dalam laporannya mengatakan, program Pamsimas adalah suatu program nasional untuk air minum, sanitasi dan perubahan perilaku kesehatan di masyarakat. 

Dikatakan, Desa Gorar ditetapkan sebagai penerima program Pamsimas di pertengahan tahun 2020.

Diakuinya, bahwa pelaksanaan program Pamsimas di Kabupaten Kepulauan Aru sejak 2017 hingga 2020 berjalan kurang maksimal.

"Kami tentunya tidak semata-mata tidak bermaksud untuk mendapatkan siapa yang terbaik tetapi kami berkomitmen untuk melakukan sebuah perubahan dengan mensukseskan program Pamsimas di Desa Gorar," katanya

Diakuinya pula bahwa kondisi alam yang tidak bersahabat yang diperparah lagi dengan penetapan Desa dan realisasinya diakhir tahun mengakibatkan pekerjaan terkendala dan tidak dapat diselesaikan.

Selain itu, sharing dana APBDes tidak dapat direalisasikan di tahun 2020 sehingga untuk menyukseskan program tersebut melalui musyawarah diusulkan untuk diselesaikan di tahun 2021.

"Dalam dokumen APBDES Tahun 2021  dianggarkan Rp 58.570.000 dan untuk pengelolaan air minum dianggarkan insentif bagi dua orang sebesar Rp 350.000 per-bulan, sementara untuk pemeliharaan akan dilakukan musyawarah Desa untuk menetapkan iuran setiap rumah tangga per-bulan," tutup Kepala Desa.

Disela-sela kegiatan berlangsung, Batseba Naflery yang berhasil dikonfirmasi Media ini mengaku bangga dengan program Pamsimas yang sudah memberikan kemudahan bagi masyarakat Desa Gorar. 

Dikatakannya, selama puluhan tahun penduduk desa setempat mengambil air dengan menggunakan ember tapi sekarang berkat bantuan program Pamsimas, tiap rumah kini hanya memutar keran air minum pribadinya.

" Terima kasih par pemerintah yang su bantu Katong dengan air bersih ini," ucap ibu 57 tahun itu.(PM.007)

Komentar

Belum Ada Komentar