Kemenkumham Salurkan 46 Ribu Paket Bagi Warga Terdampak Covid-19
Kamis, 29 Juli 2021
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Kemenkumham Salurkan 46 Ribu Paket Bagi Warga Terdampak Covid-19

Ambon, Pelita Maluku.com - Penyebaran pandemi Covid-19 telah merenggut kehidupan masyarakat. Tak pelak, kondisi ini pun memunculkan berbagai macam keprihatinan bagi masyarakat Indonesia, seperti naiknya angka kemiskinan yang dibarengi dengan melonjaknya pengangguran.

Data per 28 Juli 2021 jumlah pasien yang terinfeksi positif Covid-19 secara nasional berjumlah 3.287.727 orang. Angka tersebut meningkat 47.791 kasus dibandingkan hari sebelumnya.

Namun, sejak pemerintah menggulirkan kebijakan (PPKM) Level 4, terdapat tren penurunan mobilitas hampir di semua wilayah. Dimana pembatasan pergerakan masyarakat menjadi faktor penting salah satu upaya pemutusan transmisi Covid-19.

img-1627547423.jpg

Bersyukur, kondisi kini pun berangsur membaik setelah diterapkannya PPKM. Kasus aktif, positivity rate, dan kasus harian menurun, serta terjadi peningkatan kesembuhan yang mulai terlihat pada pekan ketiga pelaksanaan PPKM. Peningkatan ini harus dibarengi dengan optimisme dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat. Masyarakat juga harus memberikan dukungan dari kebijakan yang dilakukan pemerintah, seperti mematuhi protocol kesehatan, PPKM, dan mengikuti vaksinasi.

Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) berupaya membantu masyarakat dengan menyalurkan kurang lebih dari 46 ribu paket secara nasional secara serentak kepada masyarakat di

seluruh Indonesia, agar dapat bertahan hidup di tengah pandemi yang belum menunjukkan tanda-tanda usai.

img-1627547471.jpg

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly mengatakan kebijakan pemerintah dengan membuat PPKM Level 4 bertujuan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. Kebijakan yang sedianya berakhir pada 25 Juli 2021 lalu ini, kini resmi diperpanjang hingga 2 Agustus 2021 mendatang.

Pemerintah sadar, kebijakan ini akan berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi sosial masyarakat, dan berdampak pada ketidakmampuan masyarakat yang kesulitan dalam mencari nafkah.

“Insan Pengayoman melalui program pemberian bantuan sosial “Kumham Peduli, Kumham Berbagi”, mencoba

turut berempati kepada masyarakat dan ASN Kemenkumham yang terdampak pandemi Covid-19,” ujar Yasonna saat memberikan bantuan sosial secara simbolis, Kamis (29/07/2021) pagi.

Melalui program bantuan sosial yang dikoordinasikan oleh Sekretaris Jenderal, tercatat Kemenkumham memberikan total bantuan sosial sebanyak 46.614 paket dan dana sosial sebesar 700 juta rupiah.

img-1627547508.jpg

Paket tersebut diberikan kepada masyarakat di seluruh Indonesia, yang terdiri atas 43.558 kepala keluarga yang terdampak langsung pandemi Covid-19, serta kepada 3.056 orang ASN Kemenkumham yang terpapar Covid-19. Sedangkan dana sosial diberikan kepada tujuh Kantor Wilayah Kemenkumham yang saat ini menerapkan PPKM.

Adapun paket bantuan Kumham Peduli Kumham Berbagi per orang diberikan dalam bentuk, beras, mie goreng, gula, mie instan, sarden dan susu.

kegiatan ini kata Yasona, selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo bagi para Menteri untuk melakukan langkah-langkah maksimal dengan memberikan dukungan, yang salah satunya pemberian bantuan sosial kepada masyarakat dalam usaha mikro.

Sementara itu Sekretaris Jenderal Kemenkumham Andhap Budi Revianto mengatakan, selain terkonsentrasi di Kemenkumhan dan wilayah Jabodetabek untuk unit pusat, kegiatan dilaksanakan secara hybrid juga dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

untuk itu Andap berpesan, bagi masyarakat tetap waspada dan jangan cemas, selalu berpikir yang positif serta optimisme dan patuhi protokol kesehatan.

Disaat yang sama, Kanwil Kemenkumham Maluku, juga menyerahkan 750 ribu paket bagi masyarakat terdampak Covid-19.

Adapun bantuan yang diberikan berupa sembako yang diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah, Andi Nurka di dampingi Kepala Devisi Administrasi, Agung Rektono Seto dan Kepala Devisi Keimigrasian, M Yani Firdaus.

Dalam arahannya, Andi Nurhaka mengungkap, penyerahan bantuan ini dilakukan secara serentak baik di tingkat pusat maupun daerah. Dan kegiatan ini Lanjut Andi Nurka, sebagai bentuk di kepedulian Kemenkumham yang bersatu melawan Covid-19 dalam membantu masyarakat yang terdampak.

" saya berharap bantuan dapat meringankan beban dan juga memberikan manfaat bagi masyarakat," Ujar Andi Nurka.

Kegiatan ini di ikuti oleh PLH. Sekretaris Daerah Maluku Sadli Lie, Kepala Bagian Umum, La Margono, Kepala Bagian Humas dan Laporan Abdul Malik Wagola (Onsal)


Komentar

Belum Ada Komentar