Widya Inginkan PKK Maluku Kedepan Lebih Eksis
Rabu, 04 Desember 2019
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Widya Inginkan PKK Maluku Kedepan Lebih Eksis

Ambon, Pelita Maluku.com - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP- PKK) Provinsi Maluku, Widya Murad Ismail menyampaikan keinginannya agar kedepan TP – PKK Provinsi Maluku yang dipimpinnya harus lebih eksis.

PKK juga diharapkan mampu tumbuh dari bawah sebagai gerakan nasional yang pengelolaannya dari dan untuk masyarakat.

“PKK memiliki posisi  dan peran strategis sebagai mitra pemerintah daerah dalam mendukung percepatan pembangunan melalui 10 program pokok PKK uñtuk peningkatan pemberdayaan kesejahteraan keluarga,” kata Widya saat membuka dengan resmi Pelatihan Pengelola Program Gerakan (P3G) PKK bagi TP-PKK Provinsi Maluku, yang digelar di Gedung PKK Provinsi Maluku, Rabu (4/12/2019).

img-1575474452.jpg

Menurut Widya, pelatihan yang dilaksanakan ini dipandang penting dalam rangka meningkatkan kualitas SDM dan profesionalisme jajaran anggota TP-PKK, terutama dalam memaknai dinamika tugas kedepannya.

"Kebersamaan dan kekompakan harus menjadi instrumen penting, disamping rasa saling percaya yang terus terbangun," ungkapnya.

Widya mengatakan, dalam keanggotaan TP - PKK terdapat 4 kelompok kerja (pokja) yaitu, pokja I sebagai pelaksana program Penghayatan dan Pengamalan Pancasila dan Gotong Royong. Pokja II sebagai pelaksana program pendidikan dan keterampilan serta pengembangan kehidupan berkoperasi.

Kemudian, pokja III melaksanakan program pangan, sandang dan perumahan dan tata laksana rumah tangga dan pokja IV melaksanakan program kesehatan, kelestariam lingkungan hidup dan perencanaan sehat.

"Atas dasar itu, maka kegiatan P3G-PKK bagi TP PKK merupakan salah satu upaya untuk terus meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan agar mampu menjadi pengelola, pembimbing, pembina dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK kepada masyarakat," papar Widya.

Dengan demikian,Widya berharap agar materi- materi yang diberikan dikuti dengan baik, sehingga pada gilirannya dapat membentuk TP-PKK dan kader yang berkualitas.

“Saya yakin, setelah pelatihan ini, ibu- ibu semua sudah memiliki tekad untuk menjadi pengelola gerakan PKK dengan 10 Program pokoknya dan melaksanakan kelembagaan dan tertib administrasi PKK dengan baik dan benar," yakinnya.

Dirinya juga menghimbau kepada seluruh anggota TP-PKK yang sudah dipercayakan untuk mengelola PKK untuk 5 tahun kedepan, agar lebih baik dalam membina TP PKK secara berjenjang di Provinsi Maluku.

"Marilah kita mengikuti kegiatan ini dengan penuh keseriusan dalam rangka peningkatan pengetahuan dan pemahaman kita semua tentang PKK," tandas Widya.

Sementara itu Ketua Panitia Kegiatan yang juga Sekretaris TP PKK, Diana Padang menyampaikan, dasar dari kegiatan yang dilaksanakan ini adalah Perpres No.99 Tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan Masyatakat dan Kesejahteraan Keluarga.

Kemudian, Permendagri No.1 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, Keputusan Gubernur Maluku No.110 Tahun 2019 tentang Pembentukan keanggitan TP PKK Provinsi Maluku masa bakti 2019-2024 dan Hasil Kerja Rapat Daerah TP PKK Provinsi Maluku yang ke-9 Tahun 2019.

img-1575474492.jpg

Sedangkan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman anggota TP PKK Provinsi Maluku tentang gerakan PKK serta membentuk watak dan karakter anggota TP PKK sebagai relawan dan mitra pemerintah.

Sementara untuk materi yang akan disampaikan dalam pelatihan yakni, Peraturan Presiden No.99 Tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga dan Gerakan PKK yang terdiri dari kelembagaan dan administrasi serta 10 Program Pokok PKK.

"Adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan adalah memahami Peraturan Presiden No 99/2017 dan memahami gerakan PKK secara utuh dalam kaitannya dengan administrasi, kelembagaan serta 10 program pokoknya," jelas Padang.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Maluku dan TP PKK Pusat yang disampaikan Dra. Nurhalti dan Dra. Nursilah. (PM.007)

Komentar

Belum Ada Komentar