BASALAMAH HARAP DUKUNGAN PARA EKSPORTIR SOAL DIRECT FLIGHT EKSPORT AMBON - NARITA
Jum'at, 05 Januari 2024
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

BASALAMAH HARAP DUKUNGAN PARA EKSPORTIR SOAL DIRECT FLIGHT EKSPORT AMBON - NARITA

Ambon Pelita Maluku.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan Badan Pengendalian dan Pengawasan Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan, Balai Pengendalian dan Pengawasan Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan (BP2MHKP) Ambon, menggelar Rapat Direct Flight Export Ambon Narita (Jepang), di lantai VI kantor Gubernur Maluku, Jumat (05/01/2024)

Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan Provinsi Maluku Hadi Basalamah, bersama Kepala BP2MHKP Hatta Arisandi, dan di hadiri pimpinan OPD lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, pimpinan lembaga vertikal, pihak Swasta, dan Stakeholder terkait lainnya.

Dalam kesempatan itu Basalamah meminta, adanya dukungan para Eksportir dalam mewujudkan Direct Flight Ambon - Narita. 

Pasalnya, masalah yang di hadapi provinsi Maluku saat ini dalam bidang eksport. Dimana Maluku dalam melakukan eksport Tuna Fresh masih menggunakan penerbangan komersil. 

Artinya ketika eksport masih menggunakan penerbangan komersil, sudah barang tentu berdampak pada pengeluaran biaya tarif yang begitu besar. Sementara setiap hari atau bulan berdasarkan data, provinsi Maluku secara rutin melakukan eksport di atas rata-rata, kurang lebih 400-500 ton untuk 10 bulan.” Terangnya

"Untuk itu pertemuan ini bertujuan untuk berkolaborasi serta mendorong direct flight Ambon to International Market," terang Basalamah.

Diakui Basalamah, tantangan yang dihadapi saat ini, membuat Gubernur Maluku telah membangun kerjasama dengan salah satu Owner Perusahaan Direct Flight Export, untuk menggunakan pesawat cargo, kapasitas 20 ton, yang mampir menempuh waktu hanya 8-9 jam langsung ke Narita.

“Selain Tuna Fresh yang akan diekspor, potensi lainnya juga bisa turut di eksport seperti Kepiting, gaharu dan sebagainya, karena potensi di Maluku ini cukup banyak” ujarnya.

Jika Direct Flight berlangsung dengan apa yang di inginkan maka dirinya optimis, dapat memicu produksi di kabupaten, serta berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Maluku.

“Diharapkan komitmen eksportir karena ini adalah bersama, dimana Gubernur selalu mau merelaksasi agar ekonomi kita bisa naik lebih tinggi, maka ekspor ini menjadi salah satu penghela utama pertumbuhan ekonomi di Maluku khususnya adalah perikanan.” Tutupnya.( PM.007)

Komentar

Belum Ada Komentar