Dorong  Potensi  Destinasi Wisata, Usai Lebaran, Ekspresi Maluku Gelar Festival Selat Valentine
Rabu, 14 April 2021
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Dorong Potensi Destinasi Wisata, Usai Lebaran, Ekspresi Maluku Gelar Festival Selat Valentine

Ambon, Pelita Maluku.com - Maluku merupakan daerah yang terkenal dengan potensi sumber daya alam laut yang cukup potensial,  mengingat Maluku terdiri dari gugusan pulau-pulau dengan pesona alam nan elok.

Terdapat sejumlah tanjung dan selat yang memiliki pemandangan  yang luar biasa, potensi ini ada  pada  semua kabupaten dan kota di daerah dengan julukan seribu pulau.

Salah satunya di Kabupaten Seram Bagian Barat , bumi Saka Mese Nusa terdapat sebuah selat nan indah, di Pulau Buano yakni Selat Valentine  . 

Melihat potensi wisata alam nan cantik itu, maka Ekspresi Maluku Event Organizer  merasa perlu mendorong masyarakat di sekitar selat Valentine Pulau Buano dan  mengemasnya dengan  potensi  anak-anak muda yang setiap hari bergaul erat dengan laut menjadi sebuah event yang mendukung wisata Bahari . 

img-1618363160.jpg

Sebagai inisiator (founder) Ekspresi Maluku yang juga pegiat wisata, Yusnita Tiakoly yang ditemui Senin (12/04/2021) mengungkapkan, Kabupaten SBB memiliki keunggulan potensi sumber daya alam yang menarik dikembangkan sebagai potensi pariwisata tentunya memerlukan tata kelola yang baik dengan melibatkan masyarakat setempat, kelompok penggiat pariwisata maupun dukungan investasi sektor swasta. 

Pengembangan kepariwisataan daerah diperlukan sinergitas dari semua stakeholder terkait guna meningkatkan pengembangan sumberdaya manusia maupun peningkatan ekonomi masyarakat. 

Kegiatan yang mengusung tema, “ Ekspresi Pesona Selat Valentine” ini adalah rangkaian kegiatan yang diselenggarakan Ekspresi Maluku yang didukung Pemerintah Kabupaten SBB dan JMSI Maluku maupun asosiasi Jurnalis Vidio dalam rangka memberikan dukungan melalui publikasi Potensi Wisata di wilayah Selat Valentene Pulau Buano, Kabupaten Seram Bagian Barat yang direncanakan 22-23 Mei 2021 . 

“Kami berencana menggelar Festival Selat Valentine yang di harapkan akan menjadi pemicu guna mendorong pembangunan wilayah kepulauan dari sektor Wisata Bahari , diantaranya Pulau  Manipa, Kelang maupun Buano sendiri”.  

Salah satu agenda dalam Festival Ekspresi Pesona Valentine ini adalah mengangkat potensi anak-anak di wilayah kepulauan yang mahir mendayung. 

Semoga saja dapat menjadikan dorongan ataupun motivasi kepada anaak –anak pulau akan potensi wisata bahari maupun olahraga dayung nantinya . 

Festival ini akan diisi dengan kegiatan edukasi maupun berperahu di dalam Selat Valentine yang di harapkan Yusnita Event Festival  Selat Valentine ini akan membangkitkan secara perlahan dunia wisata pasca Covid 19 terutama di  Seram Bagian Barat. 

“ Dengan demikian akan menjadi salah satu  destinasi pariwisata yang lebih dikenal serta  diperhitungkan sehingga  akan membuka ruang keterisoliran wilayah, meningkatkan akses infrastruktur yang berkualitas sehingga dapat menjadi pasar yang baik pada tingkat lokal, regional mau pun nasional nantinya”. 

Kehadiran Ekspresi Maluku Event Organizer mengkolaborasikan ide-ide kreatif terhadap pengembangan potensi Maluku melalui  promosi media cetak, promosi media online, trip komunitas Kompasianer Amboina dan Ekspresi Maluku , juga  pernah melaksanakan event Festival Seni   budaya Sahur di Kota Ambon(PM.007)

Komentar

Belum Ada Komentar