Enam Pesan Widya Bagi Warga Sepa Cegah Stunting
Rabu, 23 November 2022
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Enam Pesan Widya Bagi Warga Sepa Cegah Stunting

Masohi, Pelita Maluku.com - Duta Parenting Maluku, Widya Pratiwi Murad, melakukan kunjungan kerja di Desa Sepa, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa, (22/11/2022). 

Dalam kunjungan ini, bertujuan untuk mengajak semua pihak bekerja untuk memerangi Stunting melalui percepatan berbagai upaya-upaya penurunan Stunting di Kabupaten Maluku Tengah.

Hal ini dilakukan, mengingat, Stunting, gizi buruk ataupun masalah gizi lainnya, berdampak buruk bagi generasi-generasi Maluku dengan kualitas SDM yang rendah dan tidak produktif.

"Mari bersama kita Perangi Stunting, untuk mewujudkan anak-anak Kabupaten Maluku Tengah menjadi generasi Unggul dan Berprestasi," ajak Widya. 

Olehnya pada kesempatan itu Widya menyampaikan beberapa pesan diantaranya  

Pertama, Ibu - ibu hamil untuk memperhatikan asupan gizi, kebersihan diri, rutin periksa kesehatan ke posyandu dan puskesmas, minimal 4 kali selama kehamilan. Rajin mengikuti kelas-kelas ibu hamil di Puskesmas, dan jangan lupa minum tablet tambah darah paling kurang 90 tablet selama kehamilan.

Kedua, kaum bapak agar lebih siaga menjaga istri untuk memeriksakan kehamilan ke puskesmas, dan dibawa ke fasilitas kesehatan untuk melahirkan, serta memberikan dukungan kepada istri untuk memperoleh ASI Eksklusif kepada bayinya.

Ketiga, kaum ibu yang memiliki balita, rajin mengantar anak ke posyandu setiap bulan untuk memantau tumbuh kembangnya dan mendapat imunisasi dasar lengkap.

Keempat, Tokoh Agama dalam setiap ceramah dapat menyampaikan pesan-pesan moral yang berhubungan dengan kesehatan terutama saat konseling pra-nikah, pencegahan pernikahan dini dan pencegahan kehamilan yang tidak diinginkan.

Kelima, kepala desa dapat memanfaatkan dana desa untuk memprioritaskan pencegahan Stunting. 

Keenam, Posyandu berada dalam kewenangan tanggungjawab Kepala Desa, namun juga menjadi tanggungjawab kita semua. Oleh karena itu mari kita tingkatkan peran Posyandu karena Posyandu merupakan ujung tombak pencegahan Stunting.

Turut hadir, Kepala Dinas Pendidikan Maluku Insun Sangadji, Kepala Kepala Bapedda Maluku Anton Lailossa, Kepala BPSDM Hadi Sulaiman, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Maluku Lutfi Rumbia, Plt. Disdukcapil Maluku Dewi Pattimahu, Kadis Pertanian Maluku Ilham Tauda, Kadis Pemdes Maluku Syarif Hidayat, Pj. Bupati Kabupaten Maluku Tengah Muhamad Marasabessy dan istri dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkab Malteng. (PM.007).

Komentar

Belum Ada Komentar