ARTIKEL TERBARU

Makan Patita Perkokoh Semangat Persatuan dan Kebersamaan Orang Basudara

Makan Patita Perkokoh Semangat Persatuan dan Kebersamaan Orang Basudara

Ambon, Pelita Maluku.com – Memperkokoh semangat kebersamaan dan persatuan di tengah masyarakat. Negeri Batu Merah menggelar acara Makan Patita Orang Basudara.

Negeri tersebut merupakan pela gandong  diantaranya, Negeri Baru Merah, Negeri Passo dan Negeri Ema .

Acara Makan Papita ini berlangsung di halaman Masjid An-Nur, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon dan di hadiri oleh Penjabat Gubernur Maluku Ir. Sadali Ie, M.Si., IPU, pada Sabtu (18/5/2024).

Turut hadir juga pada kesempatan itu Anggota DPR RI Saadiah Uluputty, Forkopimda Provinsi Maluku, Penjabat Walikota Ambon beserta Forkopimda Kota Ambon, Sekretaris Kota Ambon beserta Pimpinan OPD Lingkup Kota Ambon, Forkopimcam Sirimau, Bapak Raja Negeri Batu Merah, Ibu Raja Negeri Ema, Pejabat Negeri Passo, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan, dan Tokoh Masyarakat.

Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie dalam sambutannya, menyambut kegiatan makan patita ini dengan 

harapan  momentum ini jangan hanya dijadikan sebuah rutinitas, melainkan harus dimaknai sebagai wujud persaudaraan sejati, dan introspeksi terhadap berbagai bentuk interaksi sosial dengan sesama manusia dan lingkungan di Kota Ambon yang sama-sama kita cintai.

Menurutnya, makan patita merupakan budaya orang Maluku dengan melibatkan banyak orang untuk duduk dan makan bersama dalam satu meja, dengan menikmati ragam sajian tradisional Maluku yang dimaknai sebagai pengikat tali persaudaraan serta merupakan jembatan emas, untuk dapat memperkuat ikatan pela gandong dan hidup orang basudara.

“Seperti ungkapan leluhur orang Maluku yakni potong dikuku rasa didaging, ale rasa beta rasa, sagu salempeng dipatah dua, inilah spirit kebersamaan dan persaudaraan sejati katong samua orang Maluku, untuk saling memahami, saling mempercayai, saling mencintai, saling menopang, saling membanggakan dan saling menghidupi,” jelasnya.

Penjabat Gubernur juga pada  kesempatan itu mengajak, saudara-saudara semua, khususnya masyarakat Negeri Batu Merah, Negeri Passo dan Negeri Ema, untuk menjaga Maluku.

“Mari katong jaga Maluku bae-bae, sapa lai yang mau bangun Maluku kalau bukan ale deng beta,” tutupnya. (PM.007)


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

SERBA - SERBI

DPC Partai Demokrat Kota Ambon Jalani Instruksi AHY Ambon, Pelita Maluku.com - Instruksi Ketua Um...

PELITA MALUKU.COM

Tiga Warga Desa Meyano Das yang Hanyut Berhasil Ditemukan Selamat Saumlaki, Pelita Maluku.com -...

PELITA MALUKU.COM
Kategori