Tokoh Masyarakat dan Warga Minta Usut Tuntas Dugaan Penyalahgunaan Dana Desa Alusi Kelan
Selasa, 19 September 2023
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Tokoh Masyarakat dan Warga Minta Usut Tuntas Dugaan Penyalahgunaan Dana Desa Alusi Kelan

Saumlaki Pelita Maluku.com - Tokoh masyarakat bersama warga Desa Alusi Kelan, Kecamatan Kormomolin, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, meminta Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar dalam hal ini pihak Inspektorat, secepatnya menindaklanjuti laporan yang telah disampaikan, terkait kasus penyalahgunaan Dana Desa (DD) yang di duga dilakukan oleh Kades setempat. Serta meminta Kepolisian dapat mengusut tindakan asusila yang di duga dilakukan oleh Kepala Desa Alusi Kelan dengan oknum PNS di salah satu OPD setempat.

"Memang benar sudah ada laporan yang di antar langsung oleh beberapa tokoh masyarakat Desa Alusi Kelan dan beberapa pemuda kepada pihak inspektorat, terkait dengan dugaan penyalahgunaan Dana Desa maupun dugaan perselingkuhan dan dugaan asusila yang di lakukan oleh Kepala Desa Alusi Kelan dengan salah satu oknum ASN di salah satu OPD di Pemda saat ini.

Permintaan ini disampaikan tokoh masyarakat bersama warga Alusi Kelan, lantaran beberapa bukti kuat maupun rekaman percakapan melalui telepon selular telah disampaikan masyarakat kepada pihak inspektorat. Bahkan telah ada laporan yang disampaikan masyarakat Alusi Kelan kepada Dinas BPMD Kepulauan Tanimbar.

" saya sendiri yang mengawal dan menemani mereka saat memberikan laporan tersebut kepada pihak Inspektorat serta bertemu langsung dengan kepala Inspektorat serta Irban satu untuk memberikan keterangan maupun laporan dari masyarakat di desa Alusi Kelan tersebut. saat laporan di sampaikan kepada pihak inspektorat saat itu di sambut dengan baik oleh Kepala Inspektorat daerah. dan saat itu Kepala Inspektorat di bawah pimpinan Pak Huwae langsung memerintahkan Irban satu untuk segera membentuk tim untuk secepatnya lakukan pemanggilan dan pemeriksaan terhadap Kepala Desa Alusi Kelan untuk segera di proses jika ada bukti - bukti yang menguatkan," jelas Sumber.

Menurut salah satu Tokoh Masyarakat yang tidak ingin namanya disebutkan, bahwa, permalasahan yang terjadi di Desa Alusi Kelan perlu di sikapi secara serius. Pasalnya telah ada beberapa kejadian yang dilakukan masyarakat setempat kepada Kepala Desa. 

Bahkan warga Alusi Kelan lanjut Sumber, tidak segan-segan melakukan aksi Sweri terhadap Kantor Desa, sebagai bentuk aksi protes dan ketidaksenangan terhadap dari ulah Kades.

Seharusnya ungkap Sumber, selaku Pemimpin Desa, Kades Alusi Kelan, hendaknya menunjukkan contoh dan teladan yang baik kepada masyarakat demi perkembangan Desa ke depan, bukan sebaliknya melakukan hal - hal yang merugikan masyarakat lewat tindakan-tindakan yang menyalahi aturan. 

Olehnya itu, demi keberlangsungan pemerintahan dan pelayanan terhadap masyarakat di Desa Alusi Kelan, warga berharap, ada intervensi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar dalam hal ini Penjabat Bupati, untuk melihat kondisi yang terjadi serta mencari jalan keluar terhadap permasalahan yang di hadapi. Bila perlu Kades yang bersangkutan di ganti demi keberlangsungan Pemerintahan di Desa Alusi Kelan," pinta Sumber (PM.007)


Komentar

Belum Ada Komentar