Warga Sunda Hadir Ikut Membangun Maluku
Senin, 15 Juli 2019
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Warga Sunda Hadir Ikut Membangun Maluku

Ambon, Pelita Maluku.Com - Forum Masyarakat Sunda Ngumbara Wilayah Maluku periode 2019-2023 dilantik oleh pimpinan pusat dengan komposisi Ketua Ece Nuryaman,  Sekretaris Bambang Subagio dan Wakil Ketua Nety Badriah yang adalah Kepala Seksi Kurikulum Dikbud Maluku. 

Sesepuh Paguyuban Sunda Asep S Gunawan yang adalah Kasdam XVI Pattimura, pada acara Halal Bi Halal warga sunda, yang berlangsung di Aula Lanud Pattimura Ambon kemarin mengatakan, warga parahyangan kini telah memiliki pengurus baru sesuai hasil musyawarah hingga harus didukung, agar organisasi ini dapat berjalan baik dengan ciri khas silih asah, asih, dan asuh, mesti terus di kedepankan dan silaturahmi menjadi perekat hubungan ditanah rantau. Selain itu juga hadirnya warga sunda di Maluku khususnya Kota Ambon adalah turut  membangun Maluku dalam segala bidang pembangunan.

"Sebagai warga sunda di Maluku kita ikut membangun Maluku untuk kembangkan budaya sunda di Maluku sebagai khasanah budaya yang ada di Kota Ambon dan kita harus cinta Maluku misalnya dalam memperingati 17 Agustus warga sunda berperan aktif dan ikut meramaikan pawai karnaval budaya didaerah ini, "tuturnya. 

Sementara itu, Danlanud Pattimura Ambon Antariksa Anondo selaku warga sunda yang ada di Kota Ambon, mengharapkan, agar warga sunda satu sama lain harus saling membantu untuk terlibat membangun Maluku serta turut perkenalkan seni dan budaya sunda bagi warga Maluku. 

Hal ini disampakan, karena paguyuban ini hadir dan bisa bermanfaat bagi lingkungan khususnya buat Maluku misalnya untuk menjaga keamanan dan kebersihan serta lainnya. 

Disamping itu juga turut membantu program Pemerintah Provinsi Maluku baik Kabupaten/Kota akan tetap kita dukung. 

Dirinya mengakui, pertemuan halal bi halal ini dilakukan guna menjalin silaturahmi sesama warga sunda didaerah perantauan dan untuk mempermudah koordinasi serta komunikasi sesama warga sunda di Maluku khususnya Kota Ambon. 

"Harapan saya agar warga sunda bisa terlibat langsung untuk memperkenalkan budaya Maluku,"ungkapnya. 

Senada dengan itu, Ketua Terpilih Ece Nuryaman, mengatakan, masyarakat Sunda sangat memahami budaya sendiri  dan menghargai budaya lain, hingga mampu menerapkan hidup mandiri dan santun, karena ada dibumi  Maluku. 

Untuk itu warga sunda harus  membangun Maluku lebih baik lagi dengan pengacuh pada petunjuk pimpinan pusat dan mengedepankan asah, asih dan asuh,  karena ketiganya saling memberi,  melindungi, dan hidup dalam kebersamaan satu dengan lainnya. 

"Harapan saya, kiranya orang sunda yang ada di Maluku ini bisa menghasilkan manfaat yang besar untuk Maluku sendiri."harapnya. (PM.13)


Komentar

Belum Ada Komentar